Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Super 8 Singkirkan X-Men

Kompas.com - 13/06/2011, 11:46 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Film mengenai sekumpulan anak sekolah yang hidup pada penghujung 1970-an mengalahkan tim pahlawan super di ajang box office di seluruh kawasan Amerika Utara akhir pekan lalu.

Super 8 film yang mengantungi 37 juta dollar AS dalam penjualan tiket, sehingga menggeser X-Men: First Class ke posisi kedua, demikian data statistik yang disiarkan industri film Amerika Utara, Ahad (12/6/2011).

Film horor sains-fiksi yang dibuat sebagai penghormatan bagi film awal Steven Spielberg, yang memproduksi film itu, memasuki masa review pada Kamis (9/6/2011) dan meraup 12,17 juta dollar AS dalam satu hari. Dalam tiga hari penanyangan film ini berhasil mengantongi pendapatan mendekati 38 juta dollar AS, kata distributor Paramount Pictures.

Film yang ditulis dan disutradarai oleh J.J. Abrams --yang juga menyutradarai Mission: Impossible III (2006) dan Star Trek (2009), dibuka di rata-rata 5.500 layar di 3.379 lokasi di Kanada dan Amerika Serikat.

Kerja sama Abrams-Spielberg telah menerima umpan balik positif dari para pengeritik film. Pengumpul data kajian film Rotten Tomatoes memberinya nilai 82 persen, dengan nilai rata-rata 7,5 dari kemungkinan nilai 10. Namun, seringnya penghormatan bagi, atau tiruan dari film Spielberg sebelumnya telah menghasilkan tinjauan negatif.

Akibatnya ialah film tersebut menerima B+ dari CinemaScore, yang dikumpulkan dari penonton film malam pembukaan. Jajak pendapat di luar tempat pertunjukan yang dilakukan oleh Paramount Pictures memperlihatkan 71 persen penontonnya berusia di atas 25 tahun dan 56 persen adalah perempuan.

Juara box office pekan sebelumnya, X-Men: Firs Class, dari 20th Century Fox, prekuel empat film lain dalam franchise X-Men, meraup 25 juta dollar AS pada akhir pekan, dan diperkirakan bakal mengantungi 98,9 juta dollar saat memasuki hari ke-10.

Tempat ketiga diduduki oleh The Hangover Part II, sekuel komedi yang yang meraih 18,5 juta dollar akhir pekan lalu dengan perolehan total 216,6 juta dollar selama tiga pekan. Kung Fu Panda 2, film animasi 3-D Paramount/Dreamworks, mendapat 16,6 juta dollar dan berada di tempat keempat. Film itu diperkirakan bakal mengantungi 127 juta dollar selama tiga pekan.

Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides, sekuel keempat franchise laris Pirates dari Walt Disney Studios, diproyeksikan meraih 10,8 juta dollar dari penjualan tiket. Film tersebut telah mengupulkan 208,8 juta dollar selama empat pekan penampilan.

Film lain yang mengisi 10 tempat teratas akhir pekan lalu adalah Bridesmeids (10,2 juta dollar), Judy Moody and the Not Bummer Summer (yang dibuka dengan pemasukan 6,3 juta dollar ), Midnight in Paris (6,1 juta dollar), Thor (2,4 juta dollar AS) dan Fast Five (1,7 juta dollar AS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com