Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Anak Jalanan, Alena Wu Dirikan ASA

Kompas.com - 26/07/2011, 15:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Kepedulian penyanyi Alena Wu terhadap anak-anak kurang mampu dengan mendirikan sekolah gratis Alena Sahabat Anak (ASA) di kawasan Senen, Jakarta Pusat, sejak dua tahun lalu, rupanya mendapat apresiasi. Alena pun mengaku senang bukan kepalang.

"Ya, tetap happy walaupun saya enggak dapat (penghargaan). Enggak ada harapan menang juga kok. Dapat nominasi saja sudah super-surprised and humble buat aku," ujarnya, saat ditemui di Ritz Carlton, Jakarta, seusai menjadi nominasi MNC Lifestyle Award untuk kategori Sosial Bidang Pendidikan.

Sekitar dua tahun belakangan, Alena memang disibukkan dengan kegiatan sosialnya. Keinginannya mendirikan sekolah gratis itu muncul lantaran ia merasa prihatin melihat anak-anak di kawasan Senen, Jakarta Pusat, yang belum bisa baca dan tulis. Makanya, banyak anak-anak yang sangat antusias untuk mengikuti bimbingan belajar tersebut.

"Ternyata peminatnya ini bukan hanya anak-anak jalanan. Kebetulan, adik-adik yang di sana banyak juga yang tidak punya uang, apalagi untuk masuk sekolah TK (taman kanak-kanak). Paling laris ya untuk TK-nya," ujarnya.

Jadi, lanjut Alena, di bimbingan belajar ASA itu anak-anak diajarkan untuk belajar tulis dan membaca. Banyak yang dari nol sampai menjadi bisa. "Dan, kebanyakan kita kasih kelas bahasa Inggris dan Matematika," ucapnya.

Kenapa bahasa Inggris dan Matematika? Menurutnya, anak-anak yang di sekolah rata-rata takut dengan mata pelajaran. Apalagi, kalau nilainya sampai jeblok. Itu bikin anak jadi kurang percaya diri.

"Aku juga dulu, Matematika dilesin. Aku enggak kebayang kalau enggak les nilaiku enggak oke. Aku merasa perlu bimbingan," kenangnya.

Oleh sebab itu, bimbingan belajar yang didirikannya merupakan ungkapan syukurnya. Ia bisa melakukannya karena kepanggilan Tuhan untuk berbagi dan membantu anak-anak kurang mampu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com