Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penghargaan "The Heart of Sarajevo" untuk Angelina Jolie

Kompas.com - 02/08/2011, 10:17 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Aktris Hollywood Angelina Jolie (36) meraih penghargaan di Festival Film Sarajevo di Bosnia pada 30 Juli lalu. Penghargaan The Heart of Sarajevo diberikan kepada Jolie berkat film In The Land of Blood and Honey yang disutradarainya.

Bintang Tomb Raider ini mendapat tepuk tangan meriah ketika menerima penghargaan. ”Aku akan terus menangis jika Anda tidak berhenti. Aku sangat tersanjung untuk berada di sini, di festival ini,” kata Jolie yang datang bersama kekasihnya, Brad Pitt, ke Bosnia.

Film tentang penderitaan pengungsi perang Bosnia itu dibuat oleh Jolie untuk mengingatkan masyarakat akan apa yang terjadi selama perang Bosnia, 1992-1995.

”Tidak ada yang lebih kuat daripada seniman dan festival yang dimulai selama perang dan terus tumbuh kuat setiap tahun,” ungkap Jolie.

Sebagai sutradara dan Duta Komisi Tinggi PBB untuk Urusan Pengungsi, Jolie beberapa kali berkunjung ke Bosnia. Dalam proses pembuatan filmnya, izin Jolie di Bosnia sempat ditolak. Izin Jolie untuk pengambilan gambar di Sarajevo dan pusat kota Zenica dibatalkan otoritas Bosnia. Hal itu menyusul keberatan asosiasi para perempuan korban perang pada isi film yang mengisahkan cerita cinta antara korban Muslim dan seorang pemerkosa dari Serbia. (WENN/SIE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com