Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salman Aristo Sudah "Tek Tok"

Kompas.com - 08/08/2011, 05:40 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Salman Aristo (35) terlibat dalam penggarapan skenario film Negeri 5 Menara yang diangkat dari novel laris karya Ahmad Fuadi.

Meski sudah memiliki jam terbang tinggi dalam penulisan skenario, antara lain skenario film Laskar Pelangi dan Ayat-Ayat Cinta, bagi Aris, panggilannya, selalu ada tantangan tersendiri.

”Yang pasti menarik, karena saya harus memindahkan cerita dari medium yang satu ke medium lain. Ini akan memunculkan komparasi dari publik. Di luar itu juga ada proses mengurangi atau menambahi. Jadi, cukup menantang,” ujarnya.

Namun, Aris merasa cukup terbantu dengan cara Fuadi menulis.

”Ada novel introver dan ada yang ekstrover. Negeri 5 Menara termasuk yang ekstrover, dinamis. Penulisnya banyak bertutur dan menceritakan banyak adegan. Jadi, tinggal dipindahkan saja ke audiovisual,” katanya.

Selama proses penulisan skenario, ia juga berkomunikasi intens dengan sang penulis. Keduanya berkali-kali menggelar pertemuan untuk berdiskusi.

”Untungnya, dari awal kami sudah ngobrol dan tek tok sekali,” kata Aris.
Dia bahkan memuji Fuadi sebagai penulis yang tak berhenti berkarya di mediumnya.
”Dia banyak memberi masukan sehingga saya mendapat banyak suplai informasi. Inilah yang paling menyenangkan,” ujar Aris.
(DOE)
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com