Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atiqah Hasiholan Korban Ketupat Basi

Kompas.com - 02/09/2011, 09:17 WIB

KOMPAS.com — Aktris cantik Atiqah Hasiholan (28) sempat bingung memutuskan kapan akan berlebaran. Apakah Selasa (30/8/2011) seperti yang dilakukan umat Muhammadiyah, atau Rabu (31/8/2011) seperti yang diputuskan pemerintah berdasarkan sidang isbat.

"Soalnya aku enggak tahu teknis penentuannya seperti apa. Seribet apa. Aku sampai menonton TV supaya tahu bagaimana teknis penentuannya," ungkap Atiqah. Akhirnya, Atiqah memilih berlebaran pada hari Rabu seperti yang dilakukan saudara-saudara yang dituakan di keluarganya. "Allah pasti tahulah alasan kita," kata Atiqah.

Karena Lebaran pada hari Rabu, mau tidak mau, Atiqah menjadi salah satu korban ketupat basi. "Kan hari Senin ketupat udah siap. Hari Rabunya, pas Lebaran, ketupatnya jadi udah lembek," ujar Atiqah kecut. Baginya, hal itu bukan persoalan besar. Namun, tidak bagi sebagian besar warga tak mampu yang tinggal di sekitar rumahnya.

"Aku sempat ngobrol sama tetanggaku. Banyak yang udah beli daging 1 kg, tadinya mau untuk Lebaran. Namun, daging habis untuk sahur terakhir karena Lebaran mundur. Mau beli lagi enggak bisa," tutur Atiqah.

Di antara kisah pahit seperti yang dialami warga di sekitarnya, Lebaran bagi aktris yang juga seorang model ini adalah sebuah momen istimewa. Salah satu tradisi yang tidak pernah dilewatkan adalah open house khusus untuk keluarga dari ibunya, Ratna Sarumpaet, yang non-Muslim.

"Biasanya dilakukan pada hari kedua dan tiap tahun selalu ada. Jadi, keberagaman itu sangat terasa," ujar Atiqah bangga dan bahagia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com