Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanung: "?" Justru Laku di Luar Negeri

Kompas.com - 16/09/2011, 08:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara film Hanung Bramantyo bersyukur karena film "?" yang dikecam dan dilarang oleh MUI justru laku di luar negeri. Hanung yang ditemui saat acara nonton bareng "?" di kantor Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta, Kamis (15/9/2011) malam, mengaku mendapat apresiasi di luar negeri.

"Film "?" sudah diputar di Singapura, Australia, dan Kanada. Saya membuktikan gambaran Islam yang moderat dan damai dalam film tersebut," ujar Hanung.

Dia menceritakan, sejumlah pihak dari negara lain seperti di Eropa sedang menjajaki kemungkinan pemutaran film tersebut.

Film Hanung mengangkat tema keberagaman, kebebasan beragama, dan ada cerita keberanian serta kepahlawanan seorang anggota Barisan Serbaguna (Banser) NU yang rela mati saat mengamankan bom yang dipasang di sebuah gereja. Akhir film Hanung ditutup dengan rekonsiliasi dari konflik yang terjadi di antara tokoh-tokohnya yang berbeda latar sosial, suku dan keyakinan.

"Semuanya sebetulnya saya buat berdasar kisah nyata dalam hidup saya dan lingkungan," kata Hanung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com