Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urban Jazz Crossover Dapat Suntikan dari World Music

Kompas.com - 22/09/2011, 18:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Setelah diadakan dalam tiga tahun berturut-turut, Urban Jazz Crossover diklaim oleh penyelenggaranya sebagai pergelaran musik yang berkelas, inovatif, dan spektakuler. Menurut penyelenggaranya, Tahun ini Urban Jazz Crossover akan mendapat suntikan world music dari Vicky Sianipar.

"Kualitas musik dan unsur-unsurnya tetap kami tingkatkan dari tahun ke tahun. Teman-teman tetap akan menikmati twist dari Urban Jazz Crossover," janji Brand Manager Magnum Filter, Andre Muljadi, penyelenggara pergelaran musik tersebut di Jakarta, Kamis (22/9/2011).

Urban Jazz Crossover 2011 akan menyuguhkan karya yang sudah terkenal dari para artis musik ternama. "Yang ditampilkan adalah musik yang sudah terkenal dari musisi terkenal. Tapi, bisa disebut, 90 persen musisi yang kami undang adalah musisi yang belum pernah terlibat di Urban Jazz Crossover sebelumnya," terang Andre.

Penyelenggara Urban Jazz Crossover 2011 mendapuk Vicky Sianipar menjadi music director-nya. "Men-twist segala musik itu bagi saya seperti mainan baru. Saya sendiri dikenal suka ngacak-ngacak lagu," ujar Vicky.

Dengan world music yang dibawa oleh Vicky, Urban Jazz Crossover diharapkan akan mendapat suntikan warna baru. "Perlu digarisbawahi, saya biasa di world music, bukan di musik etnik. Cross genre buat saya sudah tidak asing lagi. Selama 10 tahun sudah seperti makanan sehari-hari. Jadi, ini akan lebih kaya lagi. Memang akan ada world music, tapi akan ada juga rock, swing, jazz Broadway, dan lain sebagainya," papar Vicky.

Untuk mewujudkan konsep Urban Jazz Crossover yang ada di kepala Vicky, pemilihan para vokalis pun diperketat sesuai karakter musik. "Pemilihan artis dan musisi dilakukan sama-sama, dilakukan setelah kami mematangkan konsep ini. Jadi, konsepnya matang dulu, lagunya ada, baru dicari musisinya yang sesuai karakter. Kami enggak mau salah menyuguhkan. Kami enggak hanya mencari musisi yang punya nama, tapi yang punya karakter kuat, seperti David 'Naif" menyanyikan jazz Broadway dengan gaya James Bond," jelas Vicky.

Urban Jazz Crossover tahun ini akan digelar di lima kota besar Indonesia, yaitu  Medan (30/9/2011), Pekanbaru (8/10/2011), Surabaya (28/10/2011), Bandung (4/11/2011), dan Jakarta (18/11/2011).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com