Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garin Nugroho Terpikat Cucu Seorang Pembuat Buntil

Kompas.com - 28/11/2011, 17:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sineas Garin Nugroho bisa menarik napas lega. Pasalnya, kesulitannya menemukan pemeran utama wanita untuk film terbarunya yang berjudul Soegijapranata, kini telah terjawab.

Adalah Annisa Hertami Kusumastuti, perempuan asal Muntilan, Jawa Tengah, dan cucu seorang pembuat buntil, makanan khas Jawa,  yang memberi jawaban atas kegelisahaan sutradara Daun Di Atas Bantal itu. 

"Tak mudah menemukan perempuan ayu dengan wajah khas Jawa sekarang. Tuti Indra Malaon sudah lama hilang. Selama ini kalau lihat sinetron-sinetron yang muncul adalah wajah-wajah bule. Maka ketika saya lihat dia, saya pikir ini cocok dipasang sebagai pemeran utama wanita," kata Garin dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/11/2011).

Dikatakan Garin, film yang mengambil setting tahun 1940 - 1949 memang membutuhkan pemeran wanita berparas khas Jawa. Garin mengisahkan bahwa  saat mempersiapkan segala sesuatu untuk keperluan shooting film Soegijapranata, datanglah seorang gadis yang melamar untuk bermain film.

Gadis itu mampu menarik perhatian sehingga Garin meminta krunya untuk memotret gadis tersebut sebanyak-banyaknya dari berbagai angle. Alhasil, Annisa langsung memikat Garin.

Tak cuma paras yang sangat Jawa, Annisa juga memiliki pengalaman bermain film, meski sebatas film indie yang dibuat para mahasiswi Multi Media Training Center (MMTC) Yogyakarta, tempat dirinya kuliah.

"Ketika saya dinyatakan diterima, ini adalah kado terindah dari Tuhan bersamaan ulang tahun ke-23. Ketika dinyatakan diterima, tepat pada hari ulang tahun 7 Oktober," kata Annisa.

Dia senang bisa bermain di film yang disutradarai Garin. Bahkan dia menjadi pemeran utama dalam film Soegijapranata, film yang mengangkat kisah kepahlawanan Mgr Soegijapranata yang dikenal sebagai seorang pahlawan nasional dan juga uskup pribumi pertama di Indonesia.

Posisinya sebagai pemimpin Gereja Katolik saat itu tidak menghalanginya untuk berjuang secara total demi kemerdekaan bangsa Indonesia.  "Tapi saya selalu menekankan bahwa saya ini adalah pekerja seni, artis, dan bukan selebriti," kata almuni SMA Muhammadiyah II Yogyakarta ini.

Annisa dalam film itu berperan sebagai Mariyem yang terpisah dari kakaknya akibat perang kemerdekaan.  Kisah di masa perang adalah kisah terpisahnya manusia dari orang-orang yang dicintai, kisah terpecahnya kemanusiaan.

Annisa akan bermain dengan Nirwan Dewanto sebagai pemeran Mgr Soegijapranata, Butet Kartaredjasa yang berperan sebagai koster Toegimin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com