Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Rain Garap Ulang "Hit" Tempo Dulu

Kompas.com - 17/01/2012, 17:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Bermula dari menyukai lagu "Sepanjang Jalan Kenangan", band The Rain, yang berformasi Indra Prasta (vokal), Iwan Tanda (gitar), Ipul Bahri (bas). dan Aang Anggoro (drum), menggarap ulang lagu lama yang legendaris tersebut, yang dulu dibawakan oleh penyanyi senior Tetty Kadi.

Dikatakan oleh Indra, lagu ciptaan mendiang A Riyanto itu sudah direkam The Rain sejak 2007. "Ini padahal sudah kami rekam tahun 2007, pas mau rekaman album ketiga, Serenade. Kami senang sama lagu ini," kata Indra, yang bersama rekan-rekannya menjalani shooting klip video untuk lagu "Sepanjang Jalan Kenangan", di Taman Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (15/1/2011).

Mula-mula The Rain sekadar iseng merekam ulang "Sepanjang Jalan Kenangan". Indra bersama rekan-rekannya tak menyangka bahwa lagu itu kemudian mendapat respon positif dari para penyuka musik mereka. "Pas beberapa waktu lalu kami tampil live di sebuah stasiun TV dan kami sisipkan lagu ini, eh responnya bagus banget," cerita Indra.

Dari respon tersebut, The Rain akhirnya menjagokan lagu itu sebagai single andalan pertama untuk album baru mereka, Jingga Senja dan Deru Hujan. "Sebenarnya, kami sudah pilih tiga lagu buat hit single. Tapi, ternyata, karena responnya pas dibawa di TV menarik, ya kami putuskan ini dulu yang jadi hit single pertama," jelas Indra.

Di tangan kreatif para personel The Rain, lagu jadul tersebut mendapat sentuhan musik modern. "Lebih modern. Banyak keyboardnya. Bisa dibilang, malah beda dari kebiasaan The Rain di lagu-lagunya. Biasanya kan kami dominan gitar. Tapi, buat lagu ini dominannya keyboard," kata Indra.

Untuk kemasan klip video lagu itu, The Rain menampilkan alur berjalan mundur. "Kami nyanyi degan lirik terbalik, dan berjalan mundur saat pengambilan gambarnya. Nanti, semuanya akan jalan mundur. Prosesnya lumayan seru lah. Saat latihan itu kami tabrak-tabrakan, kepeleset. Ini juga adalah kali pertama kami bikin klip video tanpa memegang alat musik," katanya lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com