Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marcell Siahaan: Lagu Saya Tak Dikenal, Peduli Amat

Kompas.com - 26/01/2012, 08:51 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com -- Penyanyi Marcell Siahaan (34) ternyata punya aturan saat manggung. Dia mengumumkan aturan itu dalam kegiatan Kompas MuDA Creativity Ke-5 di Fakultas Sastra Universitas Udayana, Denpasar, Bali, akhir pekan lalu.

Kepada hadirin yang didominasi kaum hawa, Marcell memaparkan tiga aturan kepada siapa pun yang menontonnya menyanyi. "Kalau ada yang enggak tahu lagu saya, peduli amat. Kedua, kalau enggak hafal lagu saya, peduli amat. Kalau bilang suara saya enggak enak, peduli amat. Ehm, yang penting kita bersenang-senang," tuturnya, yang disambut dengan tepuk tangan penonton.

Di sela-sela penampilannya, Marcell mengingatkan setiap orang untuk peduli terhadap lingkungan. Dalam hal membuang sampah, misalnya, janganlah berpikir usaha kita sia-sia karena orang lain membuang sampah di sembarang tempat. "Think globally, act locally, jangan mengatakan tidak peduli," pinta penyanyi yang prihatin terhadap perkembangan industri musik Tanah Air ini.

Marcell, yang mengenyam pendidikan di bidang hukum ini, mempunyai mimpi agar musik tak lagi dipandang sekadar hiburan. Kelak, industri musik di Indonesia diakui sebagai industri kreatif yang harus dijaga. "Musisi seharusnya mendapat perlindungan, misalnya jangan sampai dibayar di bawah standar," ujar Marcell. (BEE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com