Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cristopher Plummer, Berjaya di Usia Tua

Kompas.com - 27/02/2012, 16:55 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Aktor Christopher Plummer berhasil memenangkan trofi Oscar pertamanya di Academy Awards ke-84 pada Minggu (26/2/2012) malam waktu AS. Bintang film veteran ini berhasil memenangkan Best Supporting Actor berkat aktingnya memerankan ayah Ewan McGregor di film "Beginners".

Pada usianya yang ke-82, Plummer menjadi aktor tertua yang pernah ada dalam sejarah pemenang Academy Awards sehingga dirinya pun mendapat tepuk tangan sambil berdiri dari para tamu undangan yang hadir di Kodak Theater, Hollywood & Highland Center, Minggu (26/2/2012) malam.

"Kalian hanya selisih dua tahun lebih tua dariku sayang," kata Plummer dalam canda mengenai usia perhelatan Oscar. "Ke mana saja kau sepanjang hidupku," lanjutnya yang bahagia mendapatkan Oscar pertamanya.

Di ajang Oscar 2009, ia juga sempat diunggulkan meraih Oscar  untuk perannya dalam The Last Station. Namun, ia gagal membawa pulang penghargaan bergengsi itu. 
   
Dalam film The Beginners, Plummer memerankan sosok Hal Fields, seorang duda yang mengakui secara terbuka kepada anaknya beberapa bulan setelah istrinya meninggal bahwa dia adalah seorang gay dan dia menderita kanker stadium akhir.

Dalam film arahan sutradara Mike Mills itu, Plummers beradu akting dengan aktor Ewan McGregor, yang bermain sebagai anaknya.

Di kategori Best Supporting Actor, Plummer berhasil menyingkirkan para pesaingnya, seperti Kenneth Branagh (My Week with Marilyn), Jonah Hill (Moneyball), Nick Nolte (Warrior), dan Max von Sydow (Extremely Loud and Incredibly Close). Dia pun menerima penghargaan tersebut dari Melissa Leo. 

Berprofesi sebagai seorang aktor adalah panggilan jiwannya. Ketika menerima penghargaan di ajang SAG Awards 2012.  "Saya tak bisa ceritakan bagaimana senangnya bisa menjadi bagian dari sebuah pekerjaan yang tertua kedua di dunia," katanya. "Menjadi aktor itu  berarti banyak teman dan aneh, bukan begitu? Dan saya sangat mencintai keduanya," ujarnya.

Selama kariernya, Plummer ikut ambil bagian dalam penggarapan sejumlah film, termasuk mengisi suara untuk film animasi Up, The Imaginarium of Doctor Parnassus, 9,  dan film The Girl with the Dragon Tattoo. “Saya ingin terus bekerja,” kata Plummer.

 
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com