Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Perancis yang Robohkan Dominasi Hollywood

Kompas.com - 27/02/2012, 20:11 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Di balik kesuksesan memenangkan Academy Awards untuk kategori Best Actor di film bisu The Artist, artis peran Jean Dujardin (39) pun tercatat sebagai orang Perancis pertama yang berhasil menggenggam penghargaan Oscar sekaligus menyingkirkan George Clooney dan Brad Pitt, dua aktor  Hollywood yang paling difavoritkan untuk menang.

Di luar Perancis, Dujardin sebenarnya sama sekali tak dikenal hingga film The Artist yang dibintanginya mencuri perhatian di berbagai film festival dan mulai meraih banyak penghargaan pada 2011 lalu.

Begitu namanya diumumkan sebagai pemenang Oscar, Dujardin lantas berjalan ke atas panggung sembari mengepalkan tangannya ke udara. "Aku mencintai negara kalian," serunya dalam aksen Perancis.

Dujardin mengakhiri pidato kemenangannya sambil berseru dalam bahasa Perancis. "Oh Putain! Genial! Merci! Formidable! Merci beaucoup!" ("Bloody Hell! Brilliant! Thanks! Fantastic! Thank you very much!") yang kemudian dilanjutkan mengucap, "I love you!"

Di kesempatan yang sama, dirinya pun berandai-andai mendapatkan kesempatan bermain film dalam bahasa Inggris-Amerika. Dujardin pun mengaku sangat tertarik melakukannya, tapi sayangnya hal tersebut belum tentu bisa dilakukannya hanya karena dia seorang Perancis.

"Saya bukan aktor Amerika. Saya aktor Perancis. Saya akan melanjutkan karier di Perancis. Tapi bila ada kesempatan lain untuk memerankan film bisu lainnya (di Amerika), mungkin saya akan pikir-pikir lagi," ujarnya dengan canda.

Dujardin menjadi aktor asal Perancis pertama yang dinominasikan untuk kategori Best Actor di ajang Academy Awards setelah kiprah Gerard Depardieu pada 1990 silam. Sementara aktris Perancis, Marion Cotillard, yang membintangi La Vie en Rose,  sukses memenangkan Best Actress Academy Award pada 2008.

Lahir dan besar di bagian terpencil bagian barat Paris, Dujardin sukses merebut perhatian orang-orang negaranya pada 1996 silam setelah ikut berakting di program serial komedi Nous C Nous. Tapi siapa sangka jika nama Dujardin kian melesat setelah sukses membintangi The Artist dengan memenangkan penghargaan Best Actor di Cannes Film Festival tahun lalu.

Penghargaan lainnya, termasuk Best Actor in a Musical or Comedy, dan Best Actor the BAFTA Prize ikut menjadi koleksi Dujardin. Ini menjadi perjalanan yang memabukkan bagi Dujardin, seorang putera pebisnis konstruksi yang menjadi jawaban Perancis untuk menumbangkan harapan Amerika kepada Clooney dalam memperebutkan sebuah penghargaan tertinggi dalam dunia perfilman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com