Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bambi, "Kucing Garonk" yang Jadi Juri

Kompas.com - 28/02/2012, 09:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Bambi, sapaan akrab dari pria yang punya nama lengkap Bambang Gunawan Santoso ini sudah bergelut di bidang animasi sejak 1998. Saat ini ia bekerja sebagai animation supervisor di Cam Solutions (CAMS), BSD.

Beberapa karya animasi hasil kreasi animation house (studio animasi) di bawah naungan CAMS sempat menjadi finalis dan pemenang beberapa perlombaan. Seperti film ON:COMM (on communication) dan film Him & Her dan Pempek Family, masing-masing menjadi finalis di Hellofest 6 (2009) dan Hellofest 7 (2010).

Melalui CAMS pula, Bambi mulai membuat komunitas animasi yang dikelola melalui grup Facebook yang  bernama ANIMART dan Twitter @ANIMART_CAMS. "Saat ini anggota grup Facebook telah mencapai sekitar 2300 akun --yang terdiri dari pencinta animasi dari seluruh Indonesia, yang rata-rata justru merupakan anak-anak SMK yang sedang belajar menjadi animator," ujar Bambi.

Kecintaannya terhadap animasi ternyata tidak berhenti sampai di situ saja. Bambi tak sekadar menggambar atau membuat animasi pada secarik kertas, tetapi justru menyulap dirinya sendiri menjadi karakter-karakter dalam animasi melalui cosplay.

Cosplay yang merupakan singkatan dari 'costume play', atau biasa disingkat 'cosu' merupakan acara di mana seluruh persertanya berdandan dan mengenakan kostum seperti layaknya karakter dalam anime (animasi Jepang), manga (komik Jepang) dan game.

"Saat ini cosplay tidak hanya terbatas pada film dan komik Jepang namun juga semua karakter dalam film," jelas Bambi.

Sama seperti animasi, Bambi juga tidak main-main dalam melebarkan hobinya. Terbukti dengan keikutsertaannya dalam lomba cosplay atau KostuMasa yang diadakan Hellofest.  Bambi menjadi juara dalam kategori Original Costume dengan tema "Kucing Garonk".

Prestasinya terus bertambah dengan menjadi pemenang cosplay saat menjadi Ursula, karakter jahat dalam film animasi Disney: Little Mermaid, dan menjadi ibu tiri atau the Queen dari film live-animasi Disney: Enchanted. Salah satu pengalaman yang tidak terlupakan dalam adalah saat mengikuti Hellofest 7 (2010) di mana Bambi bersama keenam temannya membuat team East meet West, yang terdiri dari karakter dari film-film Hollywood seperti Geisha (Memoir of Geisha), Snow Queen (Narnia), Red Queen (Alice in Wonderland),  Tiana (the Princess and the Frog), Selir Raja (Dae Jang Geum), Gong Li the Queen (Curse of the Golden Flower) dan Rapunzel (Tangled). 

Setiap kostum, aksesoris dan makeup dibuat dengan sangat detail dan teliti. Dalam Hellofest 8 Anima Expo yang diselenggarakan 4 Februari 2012 lalu, Bambi yang menjadi salah satu juri tetap tampil berkostumasa menjadi the Beast, diambil dari karakter dalam film Disney:  "Beauty dan the Beast".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com