Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex Komang Pelihara Kebebasan Bersama Darmin

Kompas.com - 14/04/2012, 09:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Setahun sudah Alex Komang (51) sangat dekat dengan Darmin. Pemilik nama asli Syaiful Nuha itu merasa, Darmin telah menjadi teman seperjalanan menyuarakan kebebasan bersuara dan berpendapat.

"Darmin menjadi ruang bagi siapa saja untuk berdialog, berdiskusi, dan berpendapat sembari menikmati kehangatan kopi," kata Alex Komang ketika mengunjungi kota asalnya, Jepara, Jawa Tengah, beberapa hari lalu.

"Darmin" merupakan nama warung kopi yang dikelola Alex Komang sejak 11 April 2011. Warung itu berada di Jalan Duren Tiga Raya, Jakarta Selatan. Bagi Alex, Darmin merupakan simbol wong cilik. Darmin bisa siapa saja. Darmin menjelma di warung-warung kopi mengobrolkan apa saja. "Warung Darmin menjadi media rerasan, menggagas, dan akhirnya mencetuskan sebuah kegiatan positif," kata aktor kelahiran Jepara, 17 September 1961, itu.

Bintang film Surat Kecil untuk Tuhan itu menambahkan, warung tersebut juga menyediakan tempat menonton film-film bermutu sembari ngopi. Setelah menonton, film itu bisa didiskusikan.

Pokoknya, warung itu menjadi tempat berbagi dalam segala hal. Semua kalangan bisa hadir di Warung Darmin dan bisa menjadi "darmin-darmin" yang bebas bersuara.... (HEN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com