Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejutan Besar untuk Rinto Harahap

Kompas.com - 16/04/2012, 07:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pencipta lagu, Rinto Harahap (63), mendapat kejutan besar karena keluarga dan kerabat menggagas A Tribute to Rinto Harahap. Dalam jumpa pers di Tee Box Café pekan lalu, ia tidak menyembunyikan keterkejutan.

Meski sudah berkarya sejak 1968 dan menciptakan 546 lagu, belum sekali pun karya-karyanya mendapat apresiasi berupa pergelaran musik. Padahal, siapa yang tidak mengetahui lagu-lagu Rinto, misalnya ”Katakan Sejujurnya”, ”Gelas-gelas Kaca”, dan ”Aku Begini Kau Begitu”.

Kiprahnya di dunia musik Indonesia sama sekali tidak bisa dipandang sebelah mata. Lagu-lagu bernada sendu tersebut banyak dinyanyikan dan dipopulerkan para penyanyi, mulai dari Iis Sugianto, Grace Simon, Betharia Sonata, Nia Daniati, hingga Broery Marantika (alm).

Namun, memasuki tahun 2000 Rinto tidak lagi aktif berkarya. Oleh karena itu, tidak terlintas di benak Rinto bahwa karya-karyanya akan ditampilkan dalam sebuah pergelaran musik.

Ketika diajak untuk menampilkan karya-karyanya, Rinto hanya tertawa karena mengira keluarga dan kerabat hanya main-main.

”Saya pikir, ya, sudahlah, semua sudah berlalu. Ternyata ada kejutan besar. Saya benar-benar tidak menyangka,” tutur Rinto yang sangat bahagia dengan rencana pergelaran A Tribute to Rinto Harahap pada 21-22 April di Bandung.

(BEE)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com