Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Musikal Lutung Kasarung" Dibawa ke Jakarta

Kompas.com - 14/05/2012, 17:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Musikal Lutung Kasarung (Lutung yang Tersesat), yang menyajikan legenda masyarakat Sunda tentang perjalanan Sanghyang Guruminda dari kahyangan ke Buana Panca Tengah (bumi) dalam wujud lutung, telah mendapat sambutan baik di Bandung pada Desember 2011. Berkat keberhasilan tersebut, Lutung Kasarung akan diboyong ke Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, 18-27 Mei 2012.

Menurut sutradaranya, aktor senior Didi Petet, pertunjukan musikal tersebut sekaligus bertujuan mengenalkan Jawa Barat melalui pergelaran budayanya. "Lutung Kasarung belum banyak dikenal masyarakat, belum sangat memasyrakat. Inilah sebetulnya salah satu kekayaan kita yang bisa ditampilkan, yang berasal dari akar budaya Sunda. Ini yang patut digarisbawahi, menampilkan ini di Jakarta dan di mana pun," jelas Didi dalam wawancara di Teater Jakarta, Senin (14/5/2012).

Selaku penggagas Musikal Lutung Kasarung, Wakil Gubernur Jawa Barat, yang pernah terkenal sebagai aktor, Dede Yusuf, menjamin bahwa pementasan lutung yang mencari putri idaman Purbasari Ayuwangi itu akan dikemas dengan kekinian. "Di tangan tokoh-tokoh kreatif dan inovatif, Musikal Lutung Kasarung bisa tamil bercita rasa kekinian yang inspiratif, imajinatif, dan ekspresif. Setelah cerita ini 90 tahun menghilang, kami mengangkatnya ke dalam opera musikal ala Broadway," ujar Dede.

Meski mendapat sentuhan demikian, lanjut Dede, esensi dari nilai-nilai filosofis Sunda tetap menjadi ruh pementasan tersebut. "Tentu tanpa menghilangkan nilai-nilai filosofis kesundaannya, latar budaya Bumi Pajajaran, dan nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat Jawa Barat," tekan Dede.

Dengan melibatkan lebih banyak seniman Tanah Air seperti Melly Goeslaw, Ronni Waluya, Poppy Sovia, Candil, Nina Tamam, Netta, dan Marcell Siahaan, Musikal Lutung Kasarung di Jakarta dipastikan akan berbeda dari yang di Bandung. Berada di tangan Didi dan didukung oleh tim produksi pimpinan Ratna Riantiarno, yang telah malang melintang di panggung teater, Musikal Lutung Kasarung diharapkan bisa lebih berhasil ketika dipentaskan di Jakarta.

"Kostum serta konsep opera musikal ini cukup serius dijalankan Didi Petet, saya harap kali ini jauh lebih bagus," harap Dede.

Pemilihan Teater Jakarta diharapkan bisa membuat pertunjukan musikal itu akrab dengan masyarakat. "Kali ini memilih Teater Jakarta, kami akan membuat pertunjukan ini akrab dengan masyarakat, digemari semua lapisan masyarakat," harap Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com