Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ringgo Agus Rahman: Papua, Surga bagi Para Fotografer

Kompas.com - 13/06/2012, 07:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Hobi fotografi membuat Ringgo Agus Rahman (29) senang luar biasa saat shooting film Di Timur Matahari di Kabupaten Lanny Jaya, Papua. Tak hanya mendapat berbagai pengalaman unik, dia juga bisa mendapatkan foto-foto luar biasa karena keindahan alamnya.

Dengan bangga Ringgo yang mengawali karier sebagai penyiar radio menunjukkan puluhan frame foto di ponselnya. Ia mendapatkan bermacam-macam foto pemandangan, juga ekspresi orang-orang dan sisi kemanusiaannya.

Pemeran Ucok dalam film Di Timur Matahari ini menganggap alam Papua tak ada duanya. Tak heran, Papua menjadi surga bagi fotografer, videografer, serta pencinta alam.

”Saya sangat cinta darat dan air di Papua,” ujar pehobi selam itu.

Selama shooting, Ringgo mengenal lebih jauh kehidupan di kabupaten yang baru dimekarkan tahun 2008 dari kabupaten induk Jayawijaya ini. Menjalani sebulan lebih hidup dengan ritme yang berbeda dari keseharian di Jakarta, ia melihat hal-hal yang sebelumnya tak dia sadari.

Sebagai contoh, di tempatnya shooting ada bangunan sekolah. Sayangnya, fasilitas pendidikan itu tidak ditunjang keberadaan guru.

”Saya ingin saudara-saudara di Papua merasakan hal yang sama seperti kita di Jakarta. Jadi, masalah pendidikan mereka seharusnya lebih mendapat perhatian,” tutur Ringgo. (BEE)

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com