Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yockie Suryo Prayogo: Musik Itu Mengolah Persoalan Hidup

Kompas.com - 05/07/2012, 15:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pemusik Yockie Suryo Prayogo (52) dianugerahi penghargaan lifetime achievement (pencapaian sepanjang hidup) pada ajang AMI (Anugerah Musik Indonesia) Awards 2012. Ia dinilai berhak mendapat penghargaan tersebut karena telah memberi warna sekaligus pengaruh kepada musik Indonesia.

"Tentu orang yang dapat (penghargaan) ini ada perasaan bahagia dan bangga," ujarnya di tempat pergelaran AMI Awards 2012, Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Kamis (5/7/2012) dini hari.

Yockie mengatakan bahwa musik bukan sekadar mengolah nada, melainkan mengolah persoalan hidup itu sendiri. "Dari mengolah musik, kita bisa menemukan sesuatu hal yang berguna bagi diri kita sendiri maupun masyarakat," katanya.

Yockie telah melahirkan banyak karya dalam karier bermusiknya, termasuk ketika ia bergabung dalam God Bless dan Kantata Takwa. Ia mengaku hingga kini tetap produktif dalam bermusik. "Saya sampai sekarang masih produktif, saya masih bermusik dan membuat lagu. Problem hari ini enggak sama dengan dulu. Sekarang biaya produksi tinggi sekali. Saya masih rekaman di rumah, lagu ditumpuk-tumpuk saja," ungkapnya.

Sebagai pemusik senior, Yockie merasa wajib memberi kesempatan kepada kaum muda untuk  menunjukkan kreativitas bermusik mereka. Apalagi, sekarang ada fasilitas yang memudahkan mereka untuk berkarya. "Generasi (pemusik) seperti saya harus memberikan masukan," cetusnya. (Willem Jonata)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com