Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pak Raden Berpameran Seni Rupa di IKJ

Kompas.com - 12/07/2012, 13:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Kreator karakter Unyil dan tokoh-tokoh lainnya dalam kisah Unyil, drs Suyadi (79) alias Pak Raden, akan menggelar pameran tunggal seni rupa karyanya. Sarjana seni rupa lulusan ITB ini, yang sedang berjuang untuk mendapatkan royalti dari hak cipta Unyil dan kawan-kawan, kini memang menghidupi dirinya dengan melukis dan menggambar, selain mendongeng.

Pameran itu berjudul Panggung Kanvas: Pameran Seni Rupa drs Suyadi dan akan menghadirkan 23 lukisan serta 18 drawing dan sketsa. Semua itu menggambarkan kehidupan seni, baik di panggung maupun di belakang panggung.

"Kesemuanya menggambarkan kehidupan seni pertunjukan rakyat, baik yang di panggung maupun yang ada di balik panggung. Untuk lukisan, ia sendiri yang mengumpamakan aliran lukisannya sebagai 'figuratif naratif'," terang Prasodjo Chusnato, penulis biografi Pak Raden, ketika dihubungi pada Rabu (11/7/2012).

Pameran tersebut akan dilangsungkan pada 13-20 Juli 2012 di lobi Art Cinema, Jurusan Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta (FFTV IKJ). Selain pameran itu, akan ada pelatihan pembuatan boneka Unyil secara gratis pada 17 Juli 2012.

Akan ada pula film animasi karya drs Suyadi yang berjudul Timun Mas. Timun Mas akan diputar pada pembukaan dan penutupan pameran itu mulai pukul 16.00 WIB. Tak tertinggal, tentunya, pemutaran film Si Unyil setiap hari mulai pukul 15.00 WIB.

Tujuan pameran tersebut tak lain adalah untuk lebih mengenalkan drs Suyadi sebagai salah satu tokoh seni rupa yang belum banyak diketahui oleh publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com