Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyeruput Kopi Bisa Dorong Iwan Fals Ciptakan Lagu

Kompas.com - 27/07/2012, 10:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Untuk mendapatkan sebuah inspirasi yang akan ditulisnya menjadi sebuah lirik, vokalis kawakan Iwan Fals sejak dulu terbiasa menyeruput secangkir kopi hitam yang biasa menemaninya dalam mencipta lagu. Kebiasaan itu tak pernah berubah hingga kini.

"Bisa dibilang lagu-lagu saya dari tahun 1970-an itu terdorong dari kopi juga," kata Iwan dalam wawancara di Planet Hollywood, Jakarta Selatan, Kamis (26/7/2012) malam. Iwan akan merasa hari-harinya kurang lengkap bila tak menyeruput kopi hitam kesukaannya.

"Karena memang banyak yang bisa diambil dari kopi, dampak positif dari kopi juga banyak, jadi ibaratnya kalau enggak ngopi enggak lengkap," papar Iwan. "Yang jelas sore-sore kalau enggak ngopi enggak enak, kayak ada yang hilang. Dulu almarhum anak saya (Galang Rambu Anarki) juga suka ngopi," lanjutnya.

Iwan, yang mulai ngopi sejak zaman SMP, mengaku tak heran bila minuman yang sarat kafein itu akhirnya menduduki peringkat kedua minuman terbesar di dunia. "Saya butuh sama ngopi, makanya saya enggak terlalu kaget kalau kopi itu minuman terbesar kedua di dunia," kata Iwan.

Iwan memang pecandu kopi, tapi kebiasaannya itu sempat ditinggalkannya. "Iya, karena kan ada asam lambung, jadi kayak kembung," kata Iwan lagi seraya menyebut satu produk baru kopi yang menurutnya tidak membuat perutnya kembung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com