Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Promotor: Untuk "Ramadhan in Harmony", Royalti Sudah Dibayar

Kompas.com - 09/08/2012, 17:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Belajar dari kasus yang pernah dialami oleh promotor konser-konser lain, promotor konser Ramadhan in Harmony mengaku sudah menyelesaikan kewajiban membayar royalti kepada mereka yang mencipta lagu-lagu yang akan dibawakan dalam konser tersebut di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, 11 Agustus 2012.

Dalam konser megah itu, lagu "Damai Bersamamu", yang dicipta oleh Johny Sihalatua dan dipopulerkan bersama mendiang vokalis Chrisye, dijawalkan akan dinyanyikan oleh Glenn Fredly. Director Venusa Production Indonesia, Rendra Pitna, selaku promotor, mengaku telah memenuhi kewajiban kepada Johny. "Insya Allah, promotor sudah antisipasi. Istilahnya, sudah aman," terang Rendra dalam wawancara di Jakarta, Rabu (8/8/2012).

Menurut Rendra, pihaknya mengurus hal-hal yang berkait dengan royalti langsung ke dua pihak. Bagi mereka yang mendaftarkan lagu-lagu mereka ke Yayasan karya Cipta Indonesia (YKCI), pembayaran dilakukan melalui YKCI. Bagi para pencipta lagu yang bukan anggota YKCI, pembayaran dilakukan langsung kepada mereka atau para ahli waris mereka.

Di luar konser Ramadhan in Harmony, music director konser itu, Erwin Gutawa, mengalami masalah dengan pencipta lagu Yockie Suryoprayogo. Erwin dituding tak meminta izin kepada Yockie untuk mengaransemen lagu-lagu yang dipentaskan dalam Konser Kidung Abadi Chrisye, 5 April 2012 di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com