Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

John Williams Akan Raih Lifetime Achievement Award

Kompas.com - 22/08/2012, 16:49 WIB

LONDON, KOMPAS.com -- Penata musik film yang telah memenangi lima piala Oscar, John Williams, akan dianugerahi penghargaan kategori pencapaian sepanjang hayat atau lifetime achievement award pada acara penghargaan musik tahunan The Classic Brit Awards 2012, yang akan digelar pada Oktober mendatang.

John Williams sebelumnya dikenal lewat sejumlah karya musik yang menghiasi film-film bergengsi seperti Jaws, Star Wars, Superman, Schindler's List, dan, terakhir, War Horse.

Williams dipilih dengan suara terbanyak kedua dari 47 calon yang diajukan untuk meraih penghargaan kategori ini. Suara terbanyak pertama untuk kategori ini sebenarnya diraih oleh mendiang Walt Disney.

Salah satu ketua panitia penyelenggara acara ini, Dickon Stainer, mengatakan bahwa Williams telah menggarap musik film yang tidak pernah bisa dilupakan orang. "John Williams telah mencipta beberapa musik film yang paling banyak dikenang orang dalam masa lima puluh tahun terakhir ini," kata Stainer.

Banyak penghargaan
Williams, yang baru merayakan ulang tahunnya yang ke-80, tidak hanya pernah memenangkan lima piala Oscar, tapi juga pernah memenangi empat penghargaan Golden Globe, tujuh dari ajang Bafta, dan 21 piala Grammy.

Semua kategori penghargaan dalam ajang The Classic Brit Awards 2012 baru akan diumumkan pada 2 Oktober mendatang dan bertempat di The Royal Albert Hall, London. Acara itu rencananya akan dibawakan oleh Myleene Klass dan akan dimeriahkan dengan penampilan Andreas Bocelli serta Nicola Benedetti.

Tahun ini akan ada penghargaan untuk kategori baru yaitu single klasik terbaik, yang pemenangnya ditentukan lewat suara publik.

The Classic Brit Awards pada Oktober mendatang akan menjadi yang ke-13 dan seiring waktu acara ini juga telah melebarkan kategori penghargaan musiknya, termasuk penghargaan untuk musik teater dan komposisi musik pada film.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com