Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isi Kantong Ajaib Doraemon Dipamerkan

Kompas.com - 10/09/2012, 21:54 WIB

OKAYAMA, KOMPAS.com -- Para penggemar manga-anime Doraemon berbondong-bondong mendatangi pameran si tokoh animasi robot kucing biru di Okayama, Jepang.

Pameran Doraemon's Scientific Future itu berlangsung di Okayama Digital Museum, di Distrik Ekimotomachi, Kita Ward. Dilangsungkan selama lebih dari 17 hari hingga 9 September 2012, pameran tersebut telah menarik perhatian lebih dari 29.600 pengunjung.

Doraemon merupakan robot kucing dari abad ke-22 yang dikirim ke masa kini. Sosok animasi yang film serinya ditayangkan televisi mulai 1969 itu memiliki banyak peralatan modern yang bisa dikeluarkannya dari kantong ajaibnya untuk menyelesaikan masalah, terutama masalah Nobita Nobi. Beragam alat yang dibuat menyerupai alat-alat modern Doraemon dalam film seri tersebut dipamerkan dalam Doraemon's Scientific Future.

Ada alat penambah kekuatan genggaman tangan, mirip seperti Sarung Tangan Super milik Doraemon. Dengan menggunakan alat itu, bola yang keras bisa hancur berkeping-keping saat digenggam.

Ada juga jubah yang dibuat dari kain spesial. Dengan kombinasi dari proyektor, gambar latar belakang diproyeksikan ke jubah itu, sehingga pemakai jubah tersebut seperti tidak terlihat. Tak seperti Jubah Tak Terlihat dalam film seri tersebut, yang membuat pemakainya benar-benar tidak terlihat, versi yang dipamerkan menggunakan "teknologi proyeksi retro-reflective", semacam kamuflase mata.

"Pasti keren kalau punya ini di rumah," kata bocah tujuh tahun, Sota Ishihara, setelah ia mencoba mengenakan jubah itu dalam pameran tersebut. "Orangtuaku tidak bisa memarahiku jika aku bersembunyi dalam jubah itu," lanjutnya.

Selain itu ada juga Baling-Baling Bambu, helikopter bambu alias bambu-kopter yang digunakan sebagai alat transportasi. Baling-Baling Bambu yang dipamerkan ukurannya lebih besar daripada yang dalam film tersebut. Namun, benda itu dipajang sebagai helikopter terkecil di dunia untuk satu orang dan dijual seharga 95.000 dollar AS.

"Orang-orang dewasa lebih tertarik kepada helikopter itu daripada anak-anak. Mereka mendengarkan penjelasan kami dengan seksama," ucap seorang staf museum, yang dikutip oleh laman Asahi Shimbun. Robot kucing buatan Fujiko Fujio yang telah berkelana dengan mesin waktu itu telah "hidup" lebih dari 40 tahun. Tak mengherankan jika para penggemarnya terdiri dari anak-anak dan orang dewasa.

Pameran Doraemon's Scientific Future bertiket masuk 1.000 yen untuk dewasa dan 600 yen untuk anak usia di atas tiga tahun. Pameran itu akan dilanjutkan di Kochi, Jepang, pada Desember 2012. (nan/Aditia Maruli)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com