Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rika Callebaut: Dijual "Second" Masih Laku

Kompas.com - 22/09/2012, 15:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Awalnya, mengoleksi tas bermerek dengan harga selangit hanya merupakan hobi pemain sinetron yang juga model Rika Callebaut. Namun, kemudian, Rika justru tertarik untuk menjual tas yang sudah pernah dipakainya sebagai tas second ke sesama sosialita. Harga satu tas second bermerek yang kebanyakan buatan Milan (Italia) dipatok oleh Rika kira-kira Rp 70 juta.

"Sudah ada harga patokannya untuk yang second. Memang, sekarang yang branded dijual second masih laku," ujar Rika dalam wawancara di Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (21/9/2012) malam.

Bukan hanya Rika yang menjalankan bisnis itu. Sosialita Citra Soebagja, istri mantan bintang bulu tangkis Ricky Soebagja, juga melakukannya. "Awalnya kan saya penggemar (tas). Maksudnya, cuma punya satu tas awalnya. Nah, saya jadi tertarik bisnis itu. Dari online, jadi berkembang di situ, bisa jual ke Batam, Bali, Surabaya, Jakarta, Bandung, dan Singapura," cerita Citra.

Tak jarang keduanya saling membantu jika salah satu dari mereka menerima pesanan. "Kami satu sama lain membeli sih belum pernah. Tapi, kalau ada pesanan, pas di saya enggak ada barangnya, saya bisa minta tolong ke Citra," jelas Rika.

Mereka membidik kalangan sosialita sebagai pasar. Acara kumpul-kumpul dan arisan menjadi lapak yang paling ideal. "Saya awalnya dari 2005, dari teman-teman arisan dulu, memang ada komunitasnya. Untuk sekarang, banyak sekali penggemarnya," kisah Citra. "Mungkin sekarang tas banyak penggemarnya, apalagi ibu-ibu suka minta cariin," timpal Rika.

Terkadang, Rika sampai terpaksa melepas tas yang sedang dipakainya ke pembeli. "Oh, sering ditawar. Malah, kalau pulang, sudah enggak bawa tas," kata Rika lalu tertawa. "Padahal saya sudah bilang, 'Kalau mau, waiting list dulu, tapi kalau harganya dua kali lipat ya boleh lah'," lanjutnya.

Sementara itu, bagi diri sendiri, mereka tetap menggunakan akal sehat dalam membeli tas. "Perempuan kalau sudah suka, dia kumpulin duit supaya dia bisa beli. Memang ada istilah, 'perempuan rela mati demi tas', itu memang benar. Tapi, kalau kami, misalnya ada tas sampai Rp 900 juta, mending enggak deh, yang ada malah ribut sama suami," celoteh Rika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com