Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridho Rhoma Borong Peran dalam Klip Video Baru

Kompas.com - 15/10/2012, 17:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sekali lagi vokalis Ridho Rhoma unjuk kebolehan berakting setelah bermain dalam film Dawai 2 Asmara dan Sajadah Ka'bah. Kali ini, putra pedangdut legendaris Rhoma Irama itu berakting untuk klip video lagu barunya, Kata Pujangga, yang disajikannya dengan dukungan Ricky (gitar), Khadafi (bas), Bisri (drum), dan Dani (keyboard) dari Sonet 2 Band.

Diceritakan oleh Ridho, klip video untuk lagu "Kata Pujangga" memadukan dua suasana beda zaman. "Video 'Kata Pujangga' konsenya, kalau dari ide sutradaranya, dia pengin ada kolaborasi nuansa. Itu kan lagu lama, terus di-recycle dengan nuansa (musik) baru. Jadi, visualnya juga begitu, hasil kolaborasi nuansa lama dengan nuansa baru," jelasnya ketika diwawancara sebelum tampil dalam Kompas.com Music Attack di Jakarta, Senin (15/10/2012).

Suasana era 1930-an dijadikan latar untuk tata visual pertama klip video lagu yang lebih dulu dipopulerkan oleh pedangdut legendaris Rhoma Irama, yang juga ayah dari Ridho, itu. "Mulai dari kostumnya yang era 1930-an, terus visualnya hitam putih, dan tokoh-tokohnya di situ meniru tokoh legendaris di zaman itu," paparnya.

Untuk tata visual kedua dipilih suasana era modern. "Dunia yang penuh warna, nuansa yang masa kini, di mana Ridho dengan Sonet 2," jelasnya lagi.

Dalam dua nuansa beda zaman itu diceritakan sebuah kisah cinta. "Jadi, ceritanya si Ridho miskin jatuh cinta sama perempuan yang namanya Dahlia, tapi enggak direstui sama bapaknya yang matre, dan bapaknya lebih memilih untuk jodohin Dahlia sama Johnny yang kaya. Akhirnya mereka (Ridho dan Dahlia) memilih untuk melarikan diri untuk menyelamatkan cinta mereka. Dari situ uber-uberan lah semua. Ketika mereka melarikan diri, mereka bertemu dengan si Ridho Rhoma yang asli sedang manggung dengan Sonnet 2, terus mereka diajak untuk masuk ke dalam TV, ke dunia yang berbeda, dunia yang penuh warna, dunia baru. Sementara, bapaknya dan si Johnny ini enggak bisa masuk ke dalam TV, mereka terjebak," kisah Ridho.

Tak tanggung-tanggung, sebagian besar karakter dalam klip video tersebut diperankan oleh Ridho sendiri. "Dan, semua karakternya itu saya yang meranin, jadi mulai dari Ridho miskin itu (diperankan) saya yang pakai baju model Chaplin (komedian legendaris Charlie Chaplin), terus Johnny yang orang kaya berambut kribo, dan bapaknya yang seperti tuan tanah, perutnya gendut, itu saya juga yang meranin. Pokoknya, sampai satpam, sampai tukang kebunnya, saya juga yang meranin," paparnya lagi.

Kesempatan tersebut sayang untuk dilewatkan oleh Ridho berkait dengan usahanya untuk meningkatkan kemampuan berakting. "Dari pikiran sutradaranya, saya enggak tahu. Tapi, pas dapat peran seperti itu, saya tanya ke manajer, tanya ke produser, terus mereka oke (saya berperan dalam klip video tersebut), dan terakhir kembali ke saya, mau apa enggak. Ya sudah, saya pikir ini bagus untuk ngejajal. Sekalian saya tahu, bisa karakter apa saja dari sutradara, yang aneh-aneh pula karakternya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com