Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Changcuters Ajak Anak Muda Pantura Menanam Pohon

Kompas.com - 24/10/2012, 15:41 WIB

BREBES, KOMPAS.com -- Meskipun harus berpanas-panasan di sela menanam pohon di tanah lapang Desa Kecipir, Pantura, Brebes, Jawa Tengah, gaya personel The Changcuters tetap seperti biasa, kocak dan penuh canda. Kelima anak band asal Bandung ini mengaku bersemangat ketika diajak ikut kampanye tanam pohon Trembesi yang digelar oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation "Djarum Trees for Life".

"Terus terang, kita tertarik dengan ide ini. Memang, pertama tentu karena job. Tapi, begitu sampai di sini kita baru sadar, ternyata memang parah kondisi Pantura, gersang, panas dan sangat polusi," kata Tria Changcut, sang vokalis, di sela persiapan penanaman Trembesi secara simbolis, Rabu (24/10/2012).

Tria mengakui, sebagai musisi dia dan rekan-rekannya tidak bisa terlibat secara gamblang melakukan kampanye lingkungan hidup. Lewat kehadirannya dan bermusik di acara ini, ia berharap The Changcuters bisa ikut menggugah kesadaran masyarakat, terutama kaum muda di kawasan Pantura tergerak untuk menjaga lingkungan Pantura.

"Jujur saja. Kita pasti sadar, pohon di pinggir jalan itu memang punya siapa, jadi buat apa perlu merawatnya. Itu yang terjadi di depan mata setiap hari. Nah, kesadaran-kesadaran kecil yang keliru itulah yang ingin kita gugah," ujar vokalis bertubuh "selembar" ini.

Qibil, sang gitaris, ikut menimpali. Menurut dia, para personel The Changcuters secara pribadi tidak pernah meng-ignore ajakan untuk berbuat baik seperti menanam pohon saat ini. Usaha sekecil apapun, kata Qibil, tentu bermanfaat di tengah kondisi Pantura yang kadar gersang dan polusinya semakin parah.

"Setiap Lebaran kan ini jalur mudik yang padat, saya dan Erick juga mudik, harusnya kesadaran orang untuk merawat Pantura sangat terasa," kata Qibil.

Sementara itu, menurut Tria, meskipun tidak membuat album secara khusus, The Changcuters mengharapkan bisa ikut memberikan semangat dan kesadaran positif kepada anak-anak muda, khususnya penggemarnya, Changcut Ranger. "Tidak secara khusus. Tapi, lagu-lagu kami selama ini dan nanti akan selalu berusaha bisa memberikan energi positif bagi yang mendengarkan musik Changcuters. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com