Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indro Hadirkan Rasa Melayu di "Negeri Beruang Merah"

Kompas.com - 06/11/2012, 07:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Seniman bas Indro Hardjodikoro (43) bersama kelompoknya, The Fingers, akan berangkat lagi ke Rusia pada 9-16 November. Setidaknya ini sudah kali ketiga Indro dan kawan-kawan melawat ke ”Negeri Beruang Merah”. Kali ini ia bergabung dengan rombongan Wonderful Indonesia yang diadakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Indro mengajak penyanyi Sandhy Sondoro yang akan membawakan lagu ”When a Man Loves a Woman”. Ia sengaja memilih lagu kondang itu untuk menunjukkan bahwa Indonesia tidak terasing dari arus budaya global. ”Namun, pada lagu itu saya tambahin aroma Sunda lewat suling dan kendang,” kata Indro yang mengajak musisi Sunda, Diki Suwarjiki dan Ade Rukandi.

Selain itu, Indro juga mengajak penyanyi dangdut Rere Reina. Akan main dangdut?

”Bukan. Saya mau menampilkan rasa etnis Melayu dengan lagu ’Seroja’. Rere juga bisa nyanyi Sunda dengan bagus. Dia akan bawain ’Es Lilin’ dan ’Panon Hideung’ yang dikenal di Rusia,” kata Indro tentang lagu ”Panon Hideung” yang aslinya berupa lagu Rusia berjudul ”Ochi Chernye”.

Indro bangga bisa membawa nama Indonesia lewat musik ke Rusia dan negara-negara lain di Eropa Timur. ”Nama Indonesia lumayan kedengaran di Rusia, khususnya di kalangan penyuka jazz,” kata Indro. (XAR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com