Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Radio BBC 90 Tahun, Karya Vokalis Blur Disiarkan

Kompas.com - 14/11/2012, 18:08 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Komposisi karya Damon Albarn, vokalis dan pemain keyboard dalam band Inggris Blur, akan diperdengarkan dalam siaran serentak ke seluruh dunia untuk memperingati 90 tahun Radio BBC, yang jatuh pada Rabu (14/11/2012) waktu London (Inggris).

Diberi judul "2LO Calling", karya itu merupakan "rangkuman dari beberapa isi siaran Radio BBC", seperti suara filsuf terkenal Bertrand Russel dengan menggunakan sandi Morse. 2LO merupakan nama pemancar pertama yang digunakan oleh Radio BBC pada 14 November 1922.

Siaran akan dilakukan di Science Museum London pada Rabu (14/11/2012) pukul 17.33 waktu London atau Kamis (15/11/2012) pukul 00.33 WIB, dengan pembawa acara Simon Mayo dari Radio BBC 2.

Lebih dari 55 stasiun Radio BBC akan menyiarkan komposisi "2LO Calling" dalam acara yang disebut Radio Reunited. Diperkirakan, acara tersebut akan didengar oleh lebih dari 80 juta orang di seluruh dunia. Pada jam itu, Radio BBC Siaran Indonesia tidak mengudara sehingga tidak ikut dalam siaran bersama.

Suara detik waktu
"2LO Calling" dibuka dengan bunyi Big Ben dan kutipan siaran pertama Radio BBC, yang menggunakan pemancar 2LO, serta lagu yang menduduki peringkat pertama tangga lagu pada saat itu, "Three O'Clock in the Morning". Komposisi sepanjang tiga menit itu juga akan memuat suara beberapa pendengar, suara burung endemik di Inggris, dan suara detik waktu yang disebut pip, yang terdengar sebelum siaran dimulai.

"Ada musikalitas khusus dari beberapa pesan dalam suara yang ingin saya pertahankan," tutur Albarn. "Selain ini, saya selalu melakukan yang ingin saya lakukan, bermain dengan pip," tambahnya.

Melengkapi siaran bersama Radio BBC itu, Science Museum London juga memamerkan pemancar 2LO yang asli, yang digunakan pada siaran pertama Radio BBC, lengkap dengan mikrofon serta edisi awal majalah Radio Times, 1923, yang merupakan majalah berisi jadwal siaran dan berita-berita seputar penyiaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com