Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olivia Zalianty Mengolah Sampah Jadi Emas

Kompas.com - 19/11/2012, 23:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Di tangan artis peran Olivia Zalianty, sisa potongan kain batik yang biasanya terbuang begitu saja justru bisa menjadi sebuah benda yang memiliki nilai ekonomis.

Yup, sisa potongan kain batik yang tak terpakai oleh Olivia bisa dirancang menjadi sebuah tas modis. "Ini bahannya dari sisa potongan batik yang mungkin selama ini dianggap sampah," kata Olivia dalam jumpa pers Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI), di Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (19/11/2012).

Olivia menganggap ini bisa menjadi peluang usaha bagi masyarakat Indonesia. Dirinya pun sengaja mendatangi sekolah-sekolah di daerah terpencil untuk mengajarkan siswa setempat membuat tas dari sisa kain batik. "Sampai masuk ke pedalaman ngajarin murid-murid di sana," kata adik kandung artis peran Marcella Zalianty ini.

Olivia memang tak asal berbicara soal peluang bisnis ini. Buktinya, belum lama ini dia kebanjiran pesanan dari luar negeri. "Beberapa tas kami foto dan posting di sosial media, ternyata banyak yang suka, dan Singapura memesan 700 tas," cerita Olivia.

Sayangnya, Olivia justru tak bisa meladeni pesanan itu karena terbatas sumber daya manusia. "Ini bukan masalah gimana cara masarin-nya, market selalu ada. Tapi yang enggak ada itu tenaganya, tas ini kan dibuat sama yang benar-benar bisa membuatnya," kata Olivia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com