Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film "Laut Bercermin" Menang di Brisbane

Kompas.com - 26/11/2012, 10:55 WIB

BRISBANE, KOMPAS.com - Film Indonesia Laut Bercermin (Mirror Never Lies) ditetapkan sebagai pemenang pada kategori Film Cerita Anak-Anak Terbaik di Asia Pacific Screen Awards. Pengumuman penghargaan dari festival ini dilakukan hari Jumat (23/11) di Brisbane, Australia.

Film produksi tahun 2011 ini merupakan karya dari Kamila Andini, putri sulung sutradara Garin Nugroho yang juga menjadi produser bagi film tersebut. Produser lainnya adalah Nadine Candrawinata. Film ini mengambil latar belakang keindahan Taman Laut Wakatobi di Sulawesi Tenggara, dengan cerita seorang gadis kecil bernama Pakis (12) yang berusaha menemukan sang ayah yang hilang ketika berada di laut. Pakis melakukan ritual suku bajo dimana mereka percaya dengan menggunakan cermin, Pakis akan melihat bayang ayahnya.

Festival Asia Pacific Screen Awards ini merupakan lomba tahunan yang diselenggarakan keenam kalinya yang diselenggarakan oleh Negara Bagian Queensland. Festival ini dimaksudkan untuk mempromosikan film, aktor, sutradara, dan budaya dari Asia Pasifik ke dunia internasional.

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia, L. Sastra Wijaya, jaringan televisi ABC menggambarkan festival ini seperti perayaan Oscar di Amerika Serikat. Dalam kategori film cerita anak-anak terbaik dimana Laut Bercermin menjadi pemenang, yang memilih bukan dewan juri namun para anggota dari 70 negara yang tergabung dalam Akademi.

Dua kategori lain adalah Film Dokumenter Terbaik dan Film Cerita Animasi Terbaik. Terpilih sebagai Film Terbaik dalam acara ini adalah film produksi patungan Turki/Yunani berjudul Tepenin Ardi. Film Cerita Animasi terbaik dimenangkan oleh Momo e no tegami (Sebuah Surat untuk Momo) dari Jepang, yang diproduksi oleh Mitsuhisa Ishikawa, Hiroyuki Ikeda, Shigeru Watanabe, dan Kazuya Haman.

Sementara itu sebuah film dari Irak menjadi film pertama yang menjadi pemenang di festival ini. In May Mother's Arams menjadi Film Dokumenter Terbaik. Film produksi patungan Inggris, Belanda dan Irak ini diproduksi oleh Isabelle Stead, Mohamed Jabarah Al-Daradji, dan Atia Jabarah Al-Daradji. Upacara pemberiaan pemenang hari Jumat (23/11) malam dihadiri sekitar 700 undangan diselenggarakan di Queensland Performing Arts Center di Brisbane.
 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com