Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rizal "Armada": Tak Tepat, RBT Jadi Penghasilan Utama

Kompas.com - 05/12/2012, 19:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis Rizal "Armada" berpendapat, secara finansial bisnis ring back tone (RBT) jauh lebih menguntungkan dibanding penjualan sebuah album fisik (CD).

"Alhamdulillah, gue gabung sama resto cepat saji yang punya layanan penjualan album. Tapi, itu enggak sebesar RBT. Kalau RBT itu kan per lagu. Sama juga kayak di iTunes. Satu lagu misalnya 1 dollar (AS), bisa dibayangkan kalau 10 lagu, sementara album dijual sekitar lima dollar (AS)," jelas Rizal dalam wawancara di sela acara Indosat-XL Luncurkan Pesta RBT dan iRing di Hard Rock Cafe Jakarta, Rabu (5/12/2012).

Namun, menganggap RBT sebagai sumber penghasilan utama, menurut Rizal tidak tepat juga. Baginya, bersama rekan-rekannya dalam band Armada, tampil di luar tayangan televisi (off air) masih menjadi sumber pemasukan utama. "Musisi itu menurut gue pemasukannya itu off air. Kami jual performance. Apa yang akan kami tampilin itu yang dijual jadi pemasukan kami," katanya.

Rizal melihat, Indosat-XL Luncurkan Pesta RBT dan iRing merupakan salah satu momentum yang tepat untuk mengembalikan industri musik ke jalur yang sehat. "Kalau dipukul rata, bukan hanya orang di kota saja, orang di desa pun mereka mutar lagu di HP. Nah, RBT ini salah satu cara jualan musik, walau enggak full track," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com