Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"The Hobbit" Diserbu Penonton

Kompas.com - 17/12/2012, 12:00 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Film dongeng terbaru karya sutradara Peter Jackson  The Hobbit: An Unexpected Journey mulai menyerbu Amerika Utara akhir pekan lalu dan meraup 84,8 juta dollar AS dari penjualan tiket. The Hobbit bertengger di puncak box office untuk kawasan Amerika Serikat dan Kanada.

Prekuel dari Lord of the Rings tersebut mengalahkan thriler I Am Legend, yang dalam penayangan perdana pada 2007 mengantungi 77,2 juta dollar AS.

Film Peter Jackson tersebut, yang menampilkan format 48 frame per second meraih setengah pemasukannya dari bioskop 3-D, kata ditributor Warner Bros.

Film itu hadir di 4.045 lokasi di Amerika Serikat dan Kanada, Jumat (14/12/2012), dan mengantungi 37,6 juta dollar dari penjualan tiket pada hari itu saja.

Penonton yang menyaksikan film tersebut menyukainya, dan film itu meraih nilai A CinemaScore, sebagai pencapaian pertunjukan terbaik  demikian laporan kantor berita Xinhua.

Sementara itu film Rise Of The Guardians mengisi tempat kedua dengan pemasukan 7,4 juta dollar AS pada akhir pekan, turun 29 persen dari akhir pekan sebelumnya. Film yang diluncurkan Paramount tersebut telah meraup 71,4 juta dollar dari penjualan tiket selama empat pekan penayangan.

Lincoln, kisah biografi karya Steven Spielberg mengenai presiden ke-16 AS berada di urutan ke-3 dengan penghasilan 7,2 juta dollar. Film itu telah mengumpulkan 107,9 juta dollar selama enam pekan peredaran.

Berikut adalah film yang masuk kategori 10 film paling populer di Amerika utara akhir pekan lalu  Skyfall (7 juta dollar),  Life Of Pi  (5.4 juta), The Twilight Saga: Breaking Dawn - Part 2 (5.2 juta),  Wreck-It Ralph (3.3 juta),  Playing For Keeps (3.2 juta), Red Dawn (2.4 juta), dan Silver Linings Playbook (2 juta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com