Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kencur Jaga Vokal Ita Purnamasari

Kompas.com - 17/12/2012, 19:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Semenjak namanya dikenal sebagai pelantun lagu "Penari Ular" pada 1989 sampai sekarang vokalis Ita Purnamasari tetap memiliki kualitas vokal yang boleh dibilang terpelihara. Untuk menjaganya, perempuan kelahiran Surabaya, Jawa Timur, 15 Juli 1967 ini patuh kepada beberapa resep.

"Aku itu setiap hari selalu berlatih vokal dengan pianoku, karena buat aku sangat penting untuk menjaga supaya tetap bisa menyentuh nada-nada tinggi," kata Ita saat berbincang dengan Kompas.com di sela acara 1st Annual Sabang Jazz Festival, di d'Consulate Resto, Jalan Jaksa, Jakarta Pusat, Senin (17/12/2012).

Berlatih rutin memang tak bisa ditinggalkan oleh istri pemusik Dwiki Dharmawan ini. Selain itu, Ita juga menjaga pola makannya. "Menjaga makanan itu penting. Aku pokoknya menghindari makanan yang berlemak, yang berminyak, goreng-gorengan, sama makanan pedas. Itu yang penting," tekan Ita.

Ada satu lagi resep yang didapat oleh Ita dari vokalis senior Hetty Koes Endang. "Aku dapat resep dari Hetty Koes Endang. Aku setiap hari makan kencur, dimakan begitu saja, tidak usah dibikin jamur," kata Ita.

Awalnya, Ita tidak terbiasa memakan kencur dengan cara seperti itu. "Emang rasanya enggak enak ya. Tapi, lama-lama jadi biasa saja, ini sudah saya lakukan bertahun-tahun. Makanya, tadi saya nyanyi serasa kayak masih tahun-tahun 1993-an gitu ya," ujar Ita lalu tertawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com