Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Pesulap Russel Miracle Sempat Amat Lemah

Kompas.com - 01/01/2013, 11:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sebuah rekor MURI akhirnya berhasil diukir oleh pesulap Russel Miracle (25) pada ujung 2012. Ia mampu memberi atraksi selama 20 jam 13 menit dalam akuarium berisi air laut. Padahal, ketika menjalani 25 menit terakhir, jebolan The Master Season IV ini sempat dalam kondisi lemah dan disarankan untuk menghentikan aksinya itu.

"Tadi 25 menit terakhir saya bahkan sudah tidak ingat apa-apa sampai tadi keluar dari akuariun, terus duduk, dan mulai interaksi," kata Russel ketika berbincang dengan Kompas.com di Hotel Aston Marina, Taman Impian Jaya Ancol, Senin (31/12/2012).

Menurutnya, selama ia beraksi nekat, 10 jam pertama merupakan bagian yang menguras stamina sekaligus menurunkan kondisi fisiknya. "Kalau lima jam pertama itu rasanya seperti latihan saja, tapi pas 10 jam masuk 12 jam itu mulai jenuh. Apalagi, saya sempat kena flu, saya batuk-batuk," ceritanya.

Beruntung, tim yang mengawal Russel sigap untuk mengatasi hal-hal seperti itu. "Pokoknya, begitu saya kedinginan di dalam air, tim saya langsung menyalakan lampu supaya saya hangat. Jelas, beruntung sekali punya tim yang solid," ungkap Russel.

Walaupun wajahnya terlihat lelah, Russel tampak bangga dengan pencapaiannya itu. "Sebenarnya ini penurunan, karena 2009 saya pernah melakukan aksi yang sama selama 30 jam dalam air tawar. Tapi, ini bisa dibilang kemajuan juga, karena air laut itu 400 kali lebih merusak dibanding air tawar," jelasnya.

Russel menjanjikan, aksi nekatnya kali ini bukanlah yang terakhir. "Saya akan terus melakukan hal-hal baru sampai kapan pun, saya ingin membuktikan bahwa manusia memiliki potensi yang cukup besar asalkan dilatih," ujarnya. "Khusus aksi ini memiliki pesan bahwa semua orang menanyakan apa resolusi untuk 2013, tapi sebenarnya pertanyaannya apa yang harus kita lakukan di 2013," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com