Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Sang Pialang", Kisah di Balik Dunia Pasar Modal

Kompas.com - 16/01/2013, 11:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Kevin (Christian Sugiono) bekerja sebagai pialang saham di perusahaan milik ayahnya, Barata Sekuritas, setelah menamatkan kuliahnya.

Ia pun mengajak sahabatnya, Mahesa, yang diperankan oleh Abimana Aryasatya, untuk bekerja di perusahaan sang ayah, Rendra (Pierre Gruno), meski sang sahabat lulusan arsitektur.

Selain mereka berdua, tiga sahabat lainnya, Analea (Kamidia Radisti), Irfan (Mario Irwinsyah), dan Gilang (Alblen Fillindo Fabe) juga berkecimpung di dunia pasar modal, meski dengan jabatan yang berbeda.

Meskipun sibuk dengan kegiatan masing-masing, mereka berlima selalu menyempatkan diri untuk bertemu, makan siang, atau sekadar melepas penat bersama.

Persahabatan mereka teruji ketika Kevin berubah menjadi ambisius ingin menduduki posisi head of equity yang kebetulan sedang kosong.

Kevin tak segan-segan menyikut sahabatnya sendiri demi mencapai tujuannya. Ia bahkan menciptakan konflik antara Mahesa dan ayahnya yang konservatif, hingga sang ayah harus masuk rumah sakit.

Cinta segitiga antara Kevin, Mahesa, dan Analea pun membuat acara kumpul bareng lima sahabat itu tidak sehangat biasanya.

Tak berhenti di situ, Kevin terjerat persoalan yang merugikan perusahaan sang ayah sehingga ia harus berurusan dengan Badan Pengawas Pasar Modal.


Pasar Modal
Mengangkat tema yang belum umum dalam film yang beredar di Indonesia, pasar modal, sutradara Sang Pialang, Asad Amar, mengaku ide untuk membuat film ini sudah tercetus sejak tahun 2007, bersama temannya yang memang berkecimpung di dunia pasar modal.

Film itu baru mulai mendapat perhatian serius di tahun 2010, sebelum akhirnya menjalani proses pengambilan gambar pada bulan Juni tahun lalu.

"Skenario, proses paling lama. Enggak mudah buat cerita drama yang dikaitkan dengan sektor keuangan," kata Asad saat jumpa pers di Kuningan, Jakarta Selatan.

Agar para pemain dapat benar-benar memahami dunia pasar modal, Asad sengaja mendatangkan orang-orang yang berkecimpung langsung di dunia pasar modal saat workshop.

Aktor Christian Sugiono pun mengaku melakukan observasi langsung ke perusahaan sekuritas untuk mengamati cara kerja para pialang.

Hasilnya, para aktor yang berperan dalam Sang Pialang terlihat menguasai dunia pasar modal. Dalam film ini, para aktor kerap membicarakan hal-hal teknis seputar saham seperti closing sales, emiten, fluktuasi, dan hold.

Sang Pialang memang ingin menyuguhkan edukasi tentang kegiatan investasi di pasar modal pada orang awam. Sering kali Asad menampilkan adegan para pialang yang sedang bertransaksi dengan kliennya melalui telepon.

Christian pun berharap dengan keluarnya film ini, penonton jadi lebih terbuka terhadap dunia pasar modal.

Film Sang Pialang beredar di jaringan bioskop 21 dan Blitzmegaplex mulai 17 Januari 2013.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com