Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

A Rafiq Derita Diabetes

Kompas.com - 19/01/2013, 19:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi dangdut yang juga aktor kondang A Rafiq (64) tutup usia setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Harapan Kita. Kabar duka tersebut dengan cepat tersiar melalui pesan BlackBerry Messenger yang diterima wartawan di Jakarta, Sabtu (19/1/2013).

"Innalilahi Wa'innailaihi Roji'un. Telah berpulang ke Rachmatullah Seniman Penyanyi Besar A. RAFIQ di RS Harapan Kita. Mohon diampuni segala kesalahannya, insyaAllah Khusnul Khatimah, Aamiin..," bunyi pesan tersebut.

Saat dikonfirmasi mengenai kabar berpulangnya pria kelahiran Semarang, Jawa Tengah, 5 Maret 1948 tersebut, sang istri almarhum, Aisyah, membenarkannya. Secara singkat Aisyah menuturkan bahwa suaminya meninggal setelah menjalani perawatan atas penyakit diabetes. "Meninggal jam setengah 5, diabetes," kata Aisyah melalui pesan singkat.

A Rafiq di kenal luas oleh masyarakat Indonesia sebagai penyanyi dangdut yang cukup terkenal. Lagu dangdutnya "Pengalaman Pertama" jadi top hit di pertengahan tahun 1978. Lagu tersebut dinyanyikan ulang oleh Nirina Zubir yang duet bersama Slank dan menjadi jalur suara film "Get Married".

A Rafiq sempat bermain dalam beberapa judul film layar lebar bersama dengan Farouk Afero. A Rafiq juga sempat menjajal profesi sutradara. Dia menggarap sinetron drama semi musikal berjudul Si Miskin Bercinta. Penggarapan sinetron berseri tersebut melibatkan musisi dan penyanyi antara lain, Mansur S, Hetty Soenjaya, Jaja Miharja, dan Ira Savira, selain bintang kawakan Mieke Wijaya.

Pria berdarah India Pakistan ini mengaku pernah mengambil studi akting di LPKJ (sekarang IKJ), dan mengikuti workshop tentang membuat film yang diselenggarakan TIM bersama Persatuan Artis Film Indonesia. Beberapa anak A Rafiq juga mengikuti jejaknya di dunia hiburan Indonesia, antara lain Fadila A Rafiq, Farhad A Rafiq dan Fairuz A Rafiq.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com