Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerabat Mpok Nuri Jadi Ingat Nasir

Kompas.com - 06/02/2013, 13:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Sejumlah kerabat Mpok Nori mengaku kaget mendengar kabar Mpok Nori jatuh sakit. Beberapa di antara mereka bahkan jadi ingat kembali dengan proses meninggalnya kakak Mpok Nori yang juga pelawak, almarhum Nasir.

"Denger Emak Haji (Mpok Nori) jatuh sakit, saya langsung keingetan Pak Haji Nasir. Pak Nasir kan meninggalnya juga karena asma," kata Maryati (42), pemeran Munaroh di sinetron Si Doel Anak Betawi, Rabu (6/2/2013).

Sejak tanggal 25 Januari dirawat di RS Pusat Pendidikan Kesehatan TNI AD, Jakarta Timur, Mpok Nori divonis sakit tipus dan asma. Untuk melegakan pernapasannya, maestro penari topeng dan juga pelawak betawi ini harus menjalani terapi penguapan.

"Parahnya lagi sampai beredar kabar kalau Emak Haji sudah meninggal. Padahal saya sendiri yang keluarganya saja kagak tahu," tutur Maryati yang juga kerabat Mpok Nori.

Penyakit asma yang diderita Mpok Nori selama ini diakui salah seorang cucunya, Rosita (38), cukup dikhawatirkan oleh anggota keluarga. Sebab, saat Nasir, kakak Mpok Nori, meninggal dulu tak pernah disangka pada mulanya.

"Tahun 2006 lalu, Pak Haji Nasir meninggal juga karena asma. Awalnya tidak ada tanda-tanda, malah Pak Haji sempat pentas lawak. Tapi kemudian, saat pulang, kesehatannya menurun sampai akhirnya meninggal," kata Rosita.

Kendati sampai saat ini masih dirawat, tetap terpancar semangat hidup dari wajah penari topeng Betawi. Bahkan nenek dari 25 cucu ini masih bersemangat saat berbicara tentang kesenian Betawi.

"Saya pingin kesenian Betawi itu tetap hidup. Makanya biar saya sakit, sanggar kesenian Betawi di rumah saya tetap berjalan. Siswanya 50 orang tetap latihan," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com