Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rizal Mantovani Dekat dengan "Argo"

Kompas.com - 14/02/2013, 19:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara Rizal Mantovani mengaku belum menonton film Argo, yang dinominasikan dalam Academy Awards 2013. Meski begitu, Rizal mengaku memiliki kedekatan emosional dengan peristiwa penyanderaan dan pembebasan sejumlah diplomat AS di Teheran, Iran, pada 1979, itu, yang diangkat ke film tersebut.

"Pada saat itu saya masih kelas enam, mau ke SMP. Waktu itu ibu saya yang memimpin masyarakat Indonesia untuk mengungsi, mereka harus pulang (ke Indonesia)," cerita Rizal ketika berbincang dengan Kompas.com di Jakarta.

Dalam ingatan Rizal, peristiwa penyanderaan sejumlah diplomat AS tersebut berdampak tak langsung terhadap para warga negara Indonesia di Teheran. Mereka jadi harus diungsikan dari kota itu.

"Saya penasaran, karena waktu penyanderaan itu terjadi, waktu itu saya berada di sana (di Teheran), pas ayah saya (bertugas) di Kedubes (Kedutaan Besar RI). Kami harus ngungsi pas mereka disandera," kenang sutradara film Air Terjun Pengantin Phuket ini.

"Tapi saya saya belum nonton, ya paling enggak feel-nya sudah terasa," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com