Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia, Film Animasi Terbaik Oscars

Kompas.com - 25/02/2013, 10:19 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Film animasi Brave yang mengisahkan putri kerajaan Skotlandia, Merida—yang menolak upaya ibunya untuk mengubah dirinya menjadi seorang wanita muda yang lebih anggun—berhasil memenangkan Animated Feature Film di ajang Academy Awards 2013 atau Oscars yang ke-85 yang digelar di The Dolby Theatre, California, Minggu (24/2/2013) malam atau Senin pagi WIB.

Dalam kategori ini, Brave yang merupakan film fantasi komputer-animasi produksi Pixar Animation Studios dan didistribusikan Walt Disney Pictures tersebut sukses melewati hadangan para nomine lainnya, seperti Frankenweenie, ParaNorman, The Pirates! Band of Misfits, dan Wreck-It Ralph.

Sebelum diumumkan sebagai pemenang, dalam wawancara dengan Oscar.com, sutradara film animasi Brave, Mark Andrews, mengaku sempat terkejut ketika film garapannya masuk ke dalam nominasi. "Saya sangat terkejut, dan saya seakan tidak percaya dengan kabar tersebut," ujar Andrews.

Sementara itu, asisten sutradara, Brenda Champman, sebelumnya sama sekali tak menaruh ekspektasi bahwa film animasi yang dikerjakannya bersama Andrews bisa memenangkan Oscar. "Untuk pemenang yang akan dipanggil dan ketegangan yang akan berakhir, tidak peduli siapa yang menang," tekan Champman. 

Bagi Pixar, kemenangan Brave pada Oscars tahun ini membukukan prestasi penting. Sebab, inilah film ketujuh mereka yang meraih Oscar. Sebelumnya, Pixar sukses di ajang Oscars lewat film Finding Nemo (2004), The Incredibles (2005), Ratatouille (2008),  WALL-E (2009), Up (2010), dan Toy Story 3 (2011).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com