Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anne Hathaway Raih Oscar Pertama

Kompas.com - 25/02/2013, 11:17 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com Artis peran asal AS, Anne Jacqueline Hathaway akhirnya bisa tersenyum bangga setelah dinobatkan sebagai Aktris Pemeran Pembantu Terbaik Academy Awards 2013 atau Oscars ke-85, yang berlangsung di The Dolby Theatre, California, Minggu (24/2/2013) malam atau Senin pagi WIB.

Hathaway dinilai tampil memukau lewat perannya sebagai Fantine dalam film Les Miserables. Perempuan kelahiran 12 November 1982 itu berhasil melewati para pesaing terdekatnya, seperti Amy Adams (The Master), Sally Field (Lincoln), Helen Hunt (The Sessions), dan Jacki Weaver (Silver Linings Playbook).



Perkembangan karier Hathaway tidak diraihnya secara instan. Dalam beberapa tahap, dia muncul dalam serial televisi Get Real (1999). Dia berperan sebagai Mia Thermopolis dalam The Princess Diaries (2001). Selama tiga tahun berikutnya, Hathaway ikut membintangi The Princess Diaries 2: Royal Engagement, dan bermain di film keluarga di Ella Enchanted pada 2004.

Hathaway memiliki peran dramatis dalam Havoc dan Brokeback Mountain (2005). Dia membintangi The Devil Wears Prada (2006) dan Becoming Jane (2007) sebagai Jane Austen. Pada tahun 2008, Hathaway mendapatkan peran utama dalam Rachel Getting Married, yang akhirnya masuk nominasi penghargaan Academy Award kategori Best Actress.

Pada tahun 2010, dia juga sukses mencetak box office bersama film-film yang dibintanginya, seperti Valentine's Day, Alice In Wonderland, serta Love and Other Drugs. Pada tahun 2011, Hathaway memiliki peran sebagai pengisi suara dalam film animasi Rio dan membintangi One Day.

Selain itu, Hathaway juga seorang aktris pemenang Emmy untuk voice-over penampilannya di The Simpsons. Di luar kebintangannya sebagai artis peran, Hathaway dinobatkan oleh majalah People sebagai salah satu bintang terobosan dari 2001, dan dia kali pertama muncul pada daftar 50 Most Beautiful People pada tahun 2006. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com