Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sule "Dijodohkan" dengan Eru

Kompas.com - 11/03/2013, 15:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Korea Selatan, dengan K-pop-nya, sudah merasuk ke mana-mana, termasuk Indonesia. Sebagai "balasan"-nya, bintang komedi dan artis musik Sule ingin lagu karyanya yang berjudul "Sarangheyo" disukai oleh orang-orang Korea Selatan.

Dikisahkan oleh Sule, mula-mula lagu "Sarangheyo", yang liriknya berbahasa campuran Indonesia, Sunda, dan Jawa, disodorkan kepada pihak label rekaman musik yang mengontraknya, Falcon Music, Jakarta. Ternyata, tawaran Sule tersebut diterima oleh label itu. Bahkan, label tersebut "menjodohkan" Sule dengan Eru, vokalis dari Korea Selatan, yang juga memiliki kerja sama dengan label itu.

Sule mengaku kaget dan bersyukur atas "perjodohan" tersebut. "Luar biasa. Ini satu-satunya duet saya yang mungkin impian. Walau enggak tahu bahasanya (beracakap-cakap dalam bahasa Korea Selatan), ternyata bisa berduet dengan Eru," ujar pemilik nama asli Entis Sutisna ini dalam wawancara di Studio Persari, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (11/3/2013).

Pengakuan yang senada juga dikeluarkan oleh Eru. "Ini kali pertama saya bekerja sama dengan Sule. Menyenangkan. Dia punya banyak lagu, dia menunjukkan lagunya dan saya suka," ujar pemilik nama asli Jo Sung-Hyun itu dalam bahasa Korea yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia oleh seorang penerjemah.

Untuk duo Sule-Eru, ada tambahan bagian yang berbahasa Korea dalam lirik lagu "Sarangheyo". Bagian itu dibikin di Seoul (Korea Selatan), ketika lagu tersebut dikirim ke sana untuk Eru.

"Ketika saya kasih materi, sama Falcon dikasih ke dia (Eru) di Korea, langsung take. Bahasa Indonesia juga dia bisa, Jawa juga bisa, Bandung juga bisa," terang Sule. "Abdi bogoh ka salira (bahasa Sunda, artinya aku cinta kamu), kulo tresno sliramu (bahasa Jawa)," timpal Eru lalu tertawa.

Dengan lagunya yang memiliki lirik empat bahasa itu, Sule memiliki dua misi. "Saya mau ngasih tahu ke pemuda dan pemudi Indonesia yang suka Korea (K-pop), kalau Eru pun, yang orang Korea, juga suka. Jadi, jangan lupakan bahasa kita sendiri," pesan Sule. "Mungkin Eru juga bisa disukai di Korea, walaupun bahasa Koreanya (dalam lagu tersebut) sedikit. Saya ingin mencoba membalikkan keadaan itu, mudah-mudahan orang Korea suka," tambahnya.

Dengan "Sarangheyo", Eru ingin kerja sama mereka juga dikenal di Korea Selatan. Untuk itu Eru berencana mengajak Sule ke negara asalnya untuk berpromosi. "Saya ingin mengundang Sule. Saya mau membawanya (ke Korea Selatan) untuk tinggal beberapa waktu," ujar Eru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com