Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produser Habibie & Ainun: Minim SDM Film Berkualitas di Indonesia

Kompas.com - 13/03/2013, 21:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Manoj Punjabi, produser MD Entertainment, mengeluhkan sedikitnya Sumber Daya Manusia (SDM) perfilman yang berkualitas di Indonesia. 

Manoj menceritakan pengalaman susahnya mencari penulis naskah yang bisa menyampaikan makna dari sebuah film. "Mencari penulis itu susah sekali, saya pernah dua bulan enggak dapat sinopsis film yang bagus, SDM berkualitas di Indonesia bisa dihitung dengan jari," kata Manoj saat ditemui di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Rabu (13/3/2013).

Hal tersebut berbanding terbalik saat ia menjajal dunia perfilman di Negeri Paman Sam. Penulis naskah film berderet mengantri dan hasil yang diberikan juga memuaskan. "Berbeda dengan di Amerika karena di sana banyak sekali SDM yang berkualitas," ujarnya membandingkan.

Lanjut pria yang juga memproduseri film  Habibie & Ainun itu, minat menonton masyarakat dalam negeri masih tinggi. Terbukti dari film-film seperti yang ditonton jutaan orang pada penghujung 2013, yang salah satu adalah film yang diproduserinya itu.

Ia pun berharap minat tinggi masyarakat bisa diimbangi dengan munculnya SDM berkualitas hingga menghasilkan film yang memiliki standar tinggi.

Salah satu cara mencari orang-orang berkualitas itu, menurutnya, bisa dijaring melalui ajang kompetisi film. "Di Indonesia sekarang masih kurang SDM untuk membuat film, dengan adanya ajang indie movie bisa meningkatkan film kita," harapnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com