Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

David Bowie Rajai Tangga Lagu Inggris

Kompas.com - 18/03/2013, 17:19 WIB

LONDON, KOMPAS.com Penyanyi David Bowie kembali menanjak ke posisi teratas di tangga lagu Inggris, Minggu, lewat album terbaru yang lahir kali pertama sejak 20 tahun. Kehadiran kembali Bowie di dunia rekaman dunia disebut para pengamat sebagai "Pemunculan kembali yang terbesar dalam sejarah musik rock n roll".

The Next Day, album yang direkam secara diam-diam selama dua tahun itu, melejit langsung ke posisi teratas pada pekan pertama sejak dirilis, dan terjual 94.000 kopi sehingga juga menjadi album yang tercepat terjual pada 2013 ini.

David Bowie mengejutkan penggemarnya, juga industri musik pada Januari, saat merayakan ulang tahun ke-66 dan tanpa diduga-duga menyatakan akan mengeluarkan album tunggal berjudul Where are We Now, yang segera beredar pada Maret 2014.

Dia menghindari sorotan umum ketika terkena serangan jantung saat melakukan tur pertunjukan pada 2004 dan terakhir naik pentas pada 2006.

Album The Next Day, yang diproduksi bersama mitra lamanya, Tony Visconti, adalah karya terbaru sejak Reality, yang digarap sepuluh tahun lalu dan merupakan lagu pertamanya yang berhasil naik ke puncak tangga sejak 1983. Pada waktu itu David Bowie berada di tangga teratas melalui lagu "Black Tie White Noise".

Para kritikus menghujani pujian atas album yang juga menduduki posisi teratas di tangga digital iTunes untuk lagu-lagu dari 40 negara, hanya dalam hitungan hari sejak diedarkan pada 8 Maret, demikian isi laman David Bowie.

"Album The Next Day David Bowie mungkin menjadi album terbesar untuk artis lama yang kembali berkarya," kata pengamat Andy Gill, yang memberinya ulasan dengan lima bintang.

Saat ini sedang dipertanyakan, bagaimana nasib album itu di Amerika Serikat, negeri tempat karya David Bowie belum pernah menduduki puncak tangga lagu.

Data penjualan karya musik Billboard di AS pada Rabu akan memperlihatkan apakah David Bowie bisa menang bersaing dengan musikus rock AS Bon Jovi, melalui album What About Now, yang di Inggris digusur ke tangga kedua oleh David Bowie.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com