Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nova Eliza Tetap Cinta Makanan Aceh

Kompas.com - 31/03/2013, 22:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Nova Eliza (32) tetap cinta makanan Aceh. "Aku paling suka kuah pliek u, rasanya ingin selalu menyantapnya," ujar pemain film asal Banda Aceh itu. Nova sedang kangen dengan makanan yang sudah dua tahun tak disantapnya itu.

Tak mudah menemukan rumah makan khas Aceh. Kuah pliek u terbuat dari kelapa kering dengan beragam sayuran seperti daun melinjo, nangka muda, dan pepaya muda dalam rendaman kuah santan berbumbu. Setiap kali ke Banda Aceh, Nova tak pernah melewatkan kuah pliek u lezat buatan ibundanya, Cut Rosminar, yang masih bermukim di kota itu.

"Kuah pliek u banyak sayurannya, menyegarkan, dan bisa dibuat pedas," ujar Nova.

Menurut Nova, makanan Aceh sangat kaya bahan. Kalau satu bahan saja kurang, rasanya pun menjadi berbeda. "Mamaku yang paling jago memasak makanan Aceh. Aku sudah belajar juga, tetapi enggak mudah memasaknya, ha-ha-ha," ujarnya.

Ketika membuka usaha katering dan layanan antar makanan bernama Kecak, Nova malah memilih menu khas Bali, utamanya nasi jenggo. "Ini tahap awal, aku coba dulu makanan Bali yang sudah populer. Nuansa Bali itu yang aku bawa ke Jakarta," ujar Nova.

Seandainya membuka usaha kuliner makanan Aceh, Nova sudah membayangkan menu makanan favoritnya, antara lain kuah pliek u, asam keueng (ikan asam pedas), dan kue timpan. "Resepnya nanti minta ke kakak dan mamaku. Masakan mereka terbukti disukai keluarga besar ha-ha-ha. Sudah ada, sih, permintaan membuka restoran Aceh," ujarnya. (INE)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com