Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Album Coldplay Terfavorit Sepanjang Masa

Kompas.com - 03/04/2013, 15:27 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com A Rush of Blood To The Head milik Coldplay menjadi album favorit sepanjang masa versi BBC Radio 2.

Album keluaran tahun 2002 ini mengalahkan The Dark Side of The Moon milik Pink Floyd yang dirilis tahun 1973. Pink Floyd berada di bawah Keane dengan Hopes and Fears (posisi kedua) dan Duran-Duran dengan Rio yang menduduki tempat ketiga.

Salah satu single band beranggotakan Chris Martin (vokal), Guy Berrman (bas), Jonny Buckland (gitar), dan Will Champion (drum) berjudul "Clocks" juga menduduki puncak 100 lagu terbaik selama 10 tahun terakhir versi BBC Radio 6.

A Rush of Blood To The Head dengan single antara lain "The Scientist", "In My Place", dan "God Put A Smile Upon Your Face" juga merajai tangga lagu pada tahun 2002 dan terjual lebih dari 2,8 juta kopi di Inggris Raya.

Solois kelahiran London, Dido, berada di urutan terakhir posisi lima besar album favorit sepanjang masa dengan No Angel (1999).

"Musisi seperti Coldplay dan Dido memikat telinga pendengar. Mereka juga berada di sepuluh besar bersama band-band legendaris seperti The Rolling Stones dan The Beatles, yang tidak pernah ketinggalan selama bertahun-tahun," kata Kepala Bagian Musik BBC Radio 2 Jeff Smith.

Smith menambahkan, album yang dilihat dalam survei ini bervariasi dan lintas genre, mulai dari album milik Frank Sinatra pada tahun 50-an hingga Emeli Sande yang keluar tahun 2012 lalu.

Selain kelima musisi itu, yang masuk 10 album favorit sepanjang masa adalah The Rolling Stones Sticky Fingers (1971), The Pet Shop Boys dengan Actually (1987), Sgt Pepper's Lonely Hearts Club Band keluaran tahun 1967 milik The Beatles, U2 - The Joshua Tree (1987), dan album milik Queen, A Night At The Opera (1975).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com