Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musikimia Harapkan Sponsor untuk Tanam Pohon

Kompas.com - 10/04/2013, 20:46 WIB

CIREBON, KOMPAS.com -- Fadly (vokal), Rindra (bas), dan Yoyo (drum), yang di luar band PADI membentuk grup Musikimia bersama Stephan (gitar), datang ke Kecamatan Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. Bukan hanya menghibur para warga di sana dengan pertunjukan musik, Musikimia juga mengajak mereka untuk mencintai lingkungan hidup dengan menanam pohon dan memeliharanya.

"Kami empati melihat kenyataan sekarang, banyak orang yang menebang daripada menanam. Menebang gampang, tapi menanam tidak mudah," kata Fadly ketika berbincang dengan para wartawan di sela acara Djarum Trees for Life, di Kecamatan Palimanan, Rabu (10/4/2013).

Fadly dan kawan-kawan juga menanam pohon-pohon jenis trembesi di wilayah tersebut bersama para warga setempat. Musikimia berharap lewat cara itu bisa menjadi contoh bagi publik, termasuk para penggemar mereka.

Jika ada sponsor, Musikimia ingin menanam sampai 20 bibit di setiap kota tempat mereka manggung. "Daripada menyalahkan keadaan, sebaiknya memulai hal seperti ini, menanam pohon. Bawa bibit pohon tiap show 10-20 biji. Tinggal nunggu sponsor aja yang sediain, akan menghijaukan Indonesia," papar Yoyo.

Bagi Musikimia, menanam seperti beramal. Segala hasil akan dituai dalam jangka panjang dengan berbagai manfaat. "Dari segi agama, menanam pohon ibarat amal, akan terus ngalir selama pohon itu hidup. Dimakan sama hewan buahnya, orang berteduh, kita dapat pahala," ucap Rindra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com