Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cornelia Agatha Getol Main Teater dan "Ngeband"

Kompas.com - 11/04/2013, 14:56 WIB

MAGELANG, KOMPAS.com -- Meski jarang muncul di jagad hiburan televisi, bukan berarti Cornelia Agatha tak berkesenian. Diakuinya, ia kini lebih banyak menerima tawaran untuk kegiatan off air. 

"Bagiku mengasah akting tidak harus muncul di televisi tapi bisa lewat teater dan puisi," kata Lia, ditemui saat mengisi acara Jazz, Puisi dan Buku di Daun Salam Resto Kota Magelang, Rabu (10/4/2013) malam.

Menurutnya, teater mendidik mental pemain sebagai pemain yang sebenarnya bukan sebagai bintang. Hal ini, kata Lia, berbeda dengan industri televisi. "Di teater pemain dididik untuk lebih menghargai pekerjaan, menghargai sesama, disiplin. Di teater pula kita tidak hanya diasah akting tapi juga bagaimana bersikap. Untuk menjadi seorang aktor harus mempunyai sikap," ujarnya.

Namun demikian, Lia tidak menampik jika dunia teater belum dapat berkembang pesat menjadi sebuah industri yang menjanjikan secara komersial seperti halnya film. "Saya pernah ngerasain latihan teater lama tapi pada akhirnya tidak dibayar. Tapi ada sesuatu hal dari teater yang tidak bisa dinilai dengan uang," tutur pelakon Sarah dalam serial Si Doel Anak Sekolahan itu.

Untuk terus mengasah bakat dan eksistensinya di dunia seni, Lia pun kini membentuk sebuah band bernama Cornel's Band and Poetry. Band ber-genre Jazz, Funk dan Hip Hop itu, Lia bersama kawan-kawannya mengemas puisi menjadi sebuah karya musik yang dinamis dan unik.

Di industri musik Indonesia sendiri tidak banyak band yang mengusung konsep seperti itu. "Selama ini orang kenal puisi cuma deklamasi, sesuatu hal yang mungkin membosankan. Padahal puisi itu bisa diapa-apain. Nah, aku ingin menyajikan puisi yang asyik dinikmati dan unik. Kadang aku juga pakai dancer juga," tukasnya.

"Bagiku nyanyi itu hobi dari kecil, tapi kemudian diseriusin. Nyanyi juga jadi bekal keaktoran. Di teater, sering kita harus akting sambil bernyanyi," imbuh Lia lagi.

Pada acara tersebut, Lia tampil seksi unjuk kebolehan bernyanyi Jazz dan membaca sejumlah puisi diiringi musik dari Cornel's Band and Poetry. Dia berharap ke depan baik teater dan puisi bisa menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com