Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Art of Tree Ingin Luaskan Pasar Raffi and The Beat

Kompas.com - 05/05/2013, 18:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Dalam perjalanan mereka sebagai band, Raffi And The Beat kini menjadi Art of Tree. Dua personel yang masih bersama, Raffi (drum) dan Felix Haryono (gitar), mengajak bergabung Abram Lembono (piano), Joey (bas), Dimas Anindya (vokal), dan Andre (rap), sesudah bertemu pada akhir 2012.

"Kenapa kami ganti nama, ini karena, selain Raffi and The Beat orangnya sisa saya dan Felix, dalam perjalan musik kami semakin dewasa dan akhirnya berubah nama menjadi Art of Tree. Dengan pergantian nama ini saya hanya ingin terus berkarya," ujar Raffi dalam wawancara di Red White Longue, Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (4/5/2013) malam.

"Saya selalu suka filosofi pohon. Musik itu selalu digambarkan dari pohon di mana akarnya ada jazz, ada blues," jelasnya mengenai pemilihan nama Art of Tree.

Musik yang dimainkan oleh Art of Tree, menurut Raffi, tak lari dari garis yang sudah dipilih oleh Raffi sejak Raffi and The Beat. Raffi ingin meluaskan pasar musiknya saja.

"Basicly, kalau mau lihat sejarahnya, semua masih dalam satu garis, di mana saya makin bertambah umur, setelah saya rekaman pertama kali di Amerika, dan dengan segmen tertentu yang bisa terima (musik Raffi), sekarang saya ingin grab segmen yang lebih luas lagi," ujar Raffi.

Untuk mewujudkannya, Raffi meramu sedemikian rupa musiknya. "Lebih ke hip hop, rock sedikit, tapi attitude-nya seperti nge-jam bareng dan nge-jazz," papar pemain drum yang mengawal permainan musik Indra Lesmana di grup LLW tersebut.

Setelah mengenalkan Art of Tree, mantan pemain drum cilik ini berencana segera memproduksi album perdana bandnya tersebut. "Sebenarnya sedang proses pengumpulan (lagu). Kami masuk studio Juni atau Juli (2013), dibantu Eki Puradiredja. Sejauh ini kami sudah punya materi seperti 'The Introduction', 'Dig It', 'Amen', 'It's Time'," jelas Raffi.

Berbicara mengenai target pasar, Raffi tak mau muluk-muluk. "Saya enggak pernah tahu targetnya, yang penting keluarin dulu sampai kelihatan crowd-nya," ujar Raffi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com