Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DiCaprio Lelang Barang untuk Lingkungan

Kompas.com - 11/05/2013, 09:09 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com --  Usaha aktor Leonardo DiCaprio untuk membantu pelestarian bumi patut diacungi jempol. Bintang film The Great Gatsby ini bersama yayasannya melelang barang-barang miliknya di balai lelang Christie pada pekan depan. Nah, hasil dari keuntungannya akan dimanfaatkan bagi kegiatan lingkungan hidup.

Sebanyak 33 benda sumbangan atau karya para artis ternama dunia akan turut dilelang pada Senin pekan depan di New York. Lelang yang akan berlangsung selama 11 jam itu diharapkan bisa mengumpulkan dana sebesar 18 juta dollar AS (Rp174,6 miliar) untuk digunakan dalam rangka perlindungan alam dan hewan langka di sejumlah tempat di dunia.

"Banyak sekali barang-barang bermutu sebagus ini yang belum pernah ada dalam lelang, kita memiliki perkiraan konservatif," kata Loic Gouzer, spesialis dan kepala penjualan Christie. "Ini akan menjadi penggalangan dana lingkungan terbesar untuk satu acara saja."

Lukisan cat minyak di atas kanvas "The Tiger" karya Zeng Fanzhi, karya seni serat gelas dari Bharti Kher berjudul "The Skin Speak a Language Not Its Own" dan karya Mark Grotjahn "Untitled (Standard Lotus no II" juga lukisan Burung Cenderawasih, lukisan wajah dan mulut macan adalah benda-benda yang diperkirakan menjadi sorotan dalam penjualan tersebut.

Setiap karya itu ditaksir dengan harga pra-lelang 1,5 - 2,5 juta dollar AS.

Artis-artis yang karyanya juga akan dilelang antara lain Peter Beard, Banksy, Robert Longo, Richard Prince, Rob Puitt, Ed Ruscha, Julian Schnabel dan Elizabeths Peyton.

DiCaprio menyumbangkan "Ocean V" karya Andreas Gursky untuk lelang itu.

"Daftar sumbangan ini seperti `apa dan siapa` dari jajaran artis sebaya yang penting pada masa kita," kata Brett Govvy, kepala internasional dan seni kontemporer pascaperang Christie. "Dampaknya akan dirasakan dari generasi ke generasi."

Panelis ahli lingkungan dan Yayasan Leonardo diCaprio akan memutuskan proyek konservasi lingkungan mana yang akan mendapat sumbangan dari hasil penjualan ini.

Gouzer mengatakan, DiCaprio dengan yayasannya yang bekerja untuk masalah lingkungan sejak 1998, melakukan pendekatan kepada para seniman dan menjelaskan bahwa harapan mereka untuk menyelenggarakan lelang ini sudah direncanakan selama setahun.

"Kami menjelaskan bahwa kami menginginkan karya-karya besar dan mereka menyambut baik karena alasan pelelangan ini. Para seniman itu sangat peka terhadap ulah kita merusak planet ini," kata Gouzer.

DiCaprio yang tumbuh dan dibesarkan di Los Angeles menjadi pendukung lingkungan dan pelestarian sumber alam yang gigih.

Aktor ini memproduksi dan mengisi narasi untuk film dokumenter  The 11th hour tahun 2007 mengenai lingkungan alam.

"Dengan memberikan dua persen dari kedermawanan ini bagi proyek perlindungan alam, kami bersyukur atas peran serta para seniman dan Christie yang memberikan peluang yang sangat luar biasa ini."

Film  The Great Gatsby mulai diputar di bioskop-bioskop AS pada Jumat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com