Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surat dan Lirik Lagu Lennon Disumbang untuk Ringankan Pajak

Kompas.com - 23/05/2013, 20:15 WIB

LONDON, KOMPAS.com -- Penulis biografi The Beatles, Hunter Davies, telah menyumbang sejumlah surat dan lirik lagu John Lennon kepada British Library sebagai upaya untuk meringankan pajaknya.

Koleksinya, termasuk tulisan tangan Lennon untuk lirik lagu "Strawberry Fields Forever", merupakan sumbangan pertamanya yang masuk kategori hadiah kebudayaan.

Inisiatif itu yang dia perkenalkan pada Maret 2013, bisa mendorong masyarakat agar menyumbang segala sesuatu yang penting kepada negara untuk keringanan pajak.

Davies mengatakan, British Library merupakan "rumah yang tepat" buat barang-barang kenangan miliknya.

Menteri Kebudayaan Inggris, Ed Vaizey, mengatakan "sikap bermurah hati" berupa pemberian sumbangan itu merupakan "bukti masih kuatnya budaya filantropi" di Inggris.

Sementara jumlah total dana sumbangan yang masuk kategori hadiah kebudayaan mencapai 30 juta poundsterling, pihak penyumbang akan memperoleh keringanan pajak sampai 30% dari nilai obyek pajak selama lima tahun.

Davies, yang menulis satu-satunya biografi resmi The Beatles pada 1968, diperkirakan akan memperoleh keringanan pajak sampai  319.500 poundsterling.

"Saya ingin koleksi The Beatles saya disimpan bersama-sama, di satu tempat, dan masyarakat bisa melihatnya, dan British Library merupakan rumah yang tepat untuk barang-barang itu," kata pria yang berusia 77 tahun ini.

"Saya benar-benar senang bahwa skema hadiah kebudayaan ini telah membantu saya menjadikan semua ini menjadi kenyataa," katanya lagi.

Pimpinan British Library, Roly Keating, mengatakan, dirinya "sangat senang" menerima "benda ikonik yang mewakili bangsa".

Koleksi milik Davies yang disumbangkan termasuk lirik awal lagu "In My Life", yang ditampilkan dalam album Rubber Soul pada 1965.

Davies menerima surat-surat dari Lennon, yang menjadi temannya pada 1960-an, dan telah mengumpulkan semua suratnya dengan artis musik legendaris itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com